Strategi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Haji Amanah Ditinjau dari Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus di Bank Jatim Syariah Cabang Kediri)

Yukissa, Kaffi Chaula (2021) Strategi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Haji Amanah Ditinjau dari Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus di Bank Jatim Syariah Cabang Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931402316 - prabab.pdf

Download (629kB)
[img] Text
931402316 - bab1,2,3.pdf

Download (466kB)
[img] Text
931402316 - bab4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
931402316 - bab6,dp.pdf

Download (231kB)
[img] Text
931402316 - lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Pemasaran adalah suatu kegiatan bisnis dengan merencanakan, menentukan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa guna memuaskan kebutuhan pelanggan. Pada tahun 2018, Bank Jatim Syariah Cabang Kediri memiliki penghargaan dengan predikat sebagai kantor cabang terbaik, kinerja terbaik, dan ROA terbaik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan strategi pemasaran dalam meningkatkan produk Tabungan Haji Amanah di Bank Jatim Syariah Cabang Kediri serta untuk menjelaskan strategi pemasaran Bank Jatim Syariah Cabang Kediri dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan Haji Amanah ditinjau dari perspektif marketing syariah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan produk Tabungan Haji Amanah yang dilakukan oleh Bank Jatim Syariah Cabang Kediri cukup komprehensif, meliputi: pemenuhan target pasar, pemilihan produk yang unggul, menentukan harga, penempatan posisi (potitioning), dan melakukan promosi. Strategi-strategi ini dijalankan untuk mencapai tujuan utama pemasaran yaitu menyebarluaskan produk tabungan haji amanah. Sedangkan strategi pemasaran Bank Jatim Syariah Cabang Kediri dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan Haji Amanah ditinjau dari perspektif marketing syariah yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik marketing syariah. Pertama, ketuhanan (rabbaniyah) yaitu dalam menjalankan aktivitas pemasaran selalu mengacu pada syariat Islam. Kedua, etis (akhlaqiyah) yaitu Islam mengajarkan nilai-nilai moral dan etika dalam kegiatan pemasaran. Ketiga, realistis (al-waqi‟yyah) yaitu sesuai dengan kenyataan, tidak ada yang disembunyikan atau ditutup-tutupi mengenai kelebihan dan kekurangan produk Tabungan Haji Amanah. Keempat, humanistis (insaniyyah) yaitu saling berkoordinasi dalam segala aktivitas pemasaran dan saling menghormati kepada sesama karyawan dan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:35
Last Modified: 09 Aug 2021 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item