Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk Penguatan Pendidikan Agama Islam di SMPIT al-Hikmah Blitar

Zaida, Riski Arum Umi (2020) Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk Penguatan Pendidikan Agama Islam di SMPIT al-Hikmah Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132115 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132115 BAB 1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932132115 BAB 2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932132115 BAB 3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932132115 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
932132115 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
932132115 BAB 6.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932132115 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932132115 LAMPIRAN.pdf

Download (192kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat, juga diikuti dengan meningkatnya kualitas pengajaran dengan menggunakan metode yang inovatif, hal tersebut menuntut lembaga pendidikan untuk menjalankan sebuah pembaharuan, salah satunya dalam bidang kurikulum. Kurikulum terpadu merupakan suatu produksi dari usaha pengintegrasian bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran. Integrasi diciptakan dengan memusatkan pelajaran pada masalah tertentu yang memerlukan solusinya dengan materi atau bahan dari berbagai disiplin ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SMPIT Al-Hikmah Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di Jl. Asngari No. 125 Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan waktu, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini telah diungkapkan bahwa 1) Perencanaan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) diantaranya ialah membentuk tim kurikulum, menyusun kurikulum, program sekolah guru, dan menyususn RPP. 2) pelaksanaan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SMPIT Al Hikmah melalui kegiatan pembelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler BPI (Bina Pribadi Islami) yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, dan melalui pembiasaan. 3) evaluasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SMPIT Al-Hikmah dilaksanakan setiap minggu dan semester, sedangkan evaluasi perkembangan peserta didik melalui rapor, dan evaluasi kegiatan peserta didik melalui buku penghubung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:28
Last Modified: 30 Jul 2021 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item View Item