Perbedaan persepsi siswa MA Ar-Rahmah dan siswa SMK Taman Siswa terhadap nilai pendidikan akhlak dalam film “aisyah biarkan kami bersaudara”

Fatimahtuzzahro’, Fatimahtuzzahro’ (2020) Perbedaan persepsi siswa MA Ar-Rahmah dan siswa SMK Taman Siswa terhadap nilai pendidikan akhlak dalam film “aisyah biarkan kami bersaudara”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932143315 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932143315 BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932143315 BAB 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932143315 BAB 3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932143315 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932143315 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932143315 BAB 6.pdf

Download (843kB)
[img] Text
932143315 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)

Abstract

Siwa berlatar belakang pendidikan agama dengan siswa berlatar belakang pendidikan umum kejuruan sangatlah berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa adanya perbedaan persepsi siswa MA Ar-Rahmah dan siswa SMK Taman Siswa terhadap nilai pendidikan akhlak dalam film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara”. Sampel keseluruhan dari penelitian ini sebanyak 87 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penyebaran angket kepada dua sekolah berbeda. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala persepsi, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis komparatif. Kemudian untuk kemudahan perhitungan menggunakan bantuan komputer program Statistical Product and Service solution (SPSS) model 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MA Ar-Rahmah yang berlatar belakang pendidikan agama dengan siswa SMK Taman Siswa yang berlatar belakang pendidikan umum kejuruan memiliki perbedaan persepsi terhadap nilai pendidikan akhalak dalam film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” yang sangat signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa MA Ar-Rahmah adalah 145.11, sedangkan nila rata-rata siswa SMK Taman Siswa adalah 140.21. Adapun siswa MA dengan rata-rata tersebut masuk pada skala 145-170 yang dikategorikan sangat baik, sedangan siswa SMK dengan rata-rata tersebut masuk pada skala 119-144 yang dikategorikan baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapati hasil dengan nilai signifikasi sebesar 0.44. Dengan pengambilan keputusan jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka terdapat perbedaan. Kemudian dari hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara siswa MA Ar Rahmah dengan siswa SMK Taman Siswa terhadap nilai pendidikan akhlak dalam film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara”, maka dengan demikian Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Jul 2021 04:06
Last Modified: 26 Jul 2021 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item