Pengaruh Self Concept Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Di MTs Negeri Pare Kediri Tahun Ajaran 2015/2016

Maslakhah, Islakhul Laili (2016) Pengaruh Self Concept Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Di MTs Negeri Pare Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107712 prabab.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932107712 BAB I,II,III new.pdf

Download (515kB)
[img] Text
932107712 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
932107712 bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
932107712 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932107712 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Belajar merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang pokok dalam keseluruhan proses pendidikan. Dalam arti berhasil tidaknya pencapaian tujuan dalam pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh peserta didik, baik ketika ia berada di lingkungan sekolahmaupun di lingkungan rumah atau keluarga. Self concept merupakan semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis yang didasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain. Self regulated learning merupakan strategi yang diterapkan individu dalam aktivitas belajarnya. prestasi belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah megalami kegiatan belajar. Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1) Adakah pengaruh self concept terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Negeri Pare Kediri? 2) Adakah pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Negeri Pare Kediri? 3) Adakah pengaruh self concept dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Negeri Pare Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri Pare yang berjumlah 299 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sampel 158 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel self concept dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self concept terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,255 yaitu sebesar 25,5%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh self concept terhadap prestasi belajar siswa adalah Y(Y)=55,832+0,664x (X1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self regulated learning terhadap prestasi belajar sebesar 0,209, yaitu sebesar 20,9%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y(Y)=61,027+0,310x (X2). Dan tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self concept dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,255 yaitu sebesar 25,5%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y= 55.818+ 0,651 x X1 + 0,007 x X2.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:08
Last Modified: 15 Apr 2021 02:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item