Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik

ROHMANIA, NOVIATUL LAILA (2017) Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Cover_5. Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_14. Persetujuan Unggahan Online.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kestabilan emosi adalah keadaan emosi seseorang dimana orang tersebut mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sehingga apabila orang tersebut mendapat rangsangan emosional dapat menyesuaikan diri dan tidak menunjukkan ketegangan atau gangguan emosional. Seseorang yang stabil emosinya akan dapat menghadapi situasi tertentu dengan tenang, terbuka, terkendali dan bertindak secara realistik. Prestasi belajar adalah apa yang telah apa yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar mengajar. Istilah lain dari prestasi belajar adalah hasil belajar. Hasil belajar yang dimaksudkan disini berasal dari nilai rapot peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tingkat kesetabilan emosi peserta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. (2) Mengetahui prosentase prestasi belajar peserta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits (3) Mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kestabilan emosi dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di MAN Kandat Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 223 siswa. Sampel yang digunakan berdasarkan pedoman tabel krectjie adalah sebanyak 140 seswa dengan teknik pengambilan Simple Random Sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan cara product moment. Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan antara lain: Tingkat kestabilan emosi peseta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri termasuk dalam kategori sedang dengan jumlah prosentase 79,28 % dari keseluruhan sampel. Kategori tersebut didasarkan pada pedoman mencari nilai menggunakan true score, Tingkat prestasi belajar peserta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri pada mata pelajaran al-Qur’an hadits termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 82,88. Tidak ada hubungan antara kestabilan emosi dengan prestasi belajar peserta didik di MAN Kandat Kabupaten Kediri pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dengan hasil signifikansi 0,711 > 0,05. Kemudian nilai sebesar 0,032 yang mendekati nilai 0 menghasilkan kesimpulan tidak ada kaitan naik turun variabel (X) dan variabel (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:48
Last Modified: 11 Mar 2019 08:48
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item