Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Kediri

Sucipto, Sucipto (2019) Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400417017 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92400417017 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92400417017 BAB II Kajian Teori.pdf

Download (702kB)
[img] Text
92400417017 BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (369kB)
[img] Text
92400417017 BAB IV Hasil Penelitan Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
92400417017 BAB V Pembahasan Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
92400417017 BAB VI Penutup.pdf

Download (444kB)
[img] Text
92400417017 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari tanggung jawab pemerintah, orang tua serta masyarakat, ketiga komponen ini harus bekerjasama dengan baik guna tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan berkualitas merupakan harapan dan tuntutan seluruh stakeholder pendidikan. Atas dasar ini maka sekolah/lembaga pendidikan harus dapat memberikan pelayanan dan mutu yang baik agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Salah satu lembaga pendidikan di kota Kediri yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Kediri mulai berkembang sangat signifikan dan diminati oleh masyarakat di kota Kediri dan sekitarnya. Hal ini tak lepas dari adanya peran ketiga komponen pendidikan tersebut. Pengawas Madrasah yang mewakili pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI senantiasa berusaha untuk ikut andil dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di MIN 1 Kota Kediri. Dengan harapan MIN 1 Kota Kediri dapat memberikan kepuasan dan pelayanan yang baik bagi masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian mutu pendidikan di MIN 1 Kota Kediri sudah tidak diragukan lagi untuk bersaing dengan lembaga lain di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan datanya melalui observasi, interview dan dokumentasi. Peneliti secara langsung menggali data di lapangan dengan melakukan observasi secara teliti dan hati-hati guna mendapatkan data yang konkrit dan valid, Hal ini peneliti juga melakukan wawancara dengan Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah dan Guru serta tenaga kependidikan yang ada di MIN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pengawas Madrasah dalam melaksanakan supervisi manajerial sesuai dengan program kerja yang telah disusun dalam RPM; 2. Manajemen Mutu Pendidikan di MIN 1 Kota Kediri setidaknya telah memenuhi delapan standar nasional pendidikan yang dicanangkan pemerintah; 3. Pengawas Madrasah senantiasa berupaya membantu kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitasnya guna membantu mengelola pendidikan di madrasah. Artinya lembaga pendidikan madrasah yang bermutu dan berkualitas dikarenakan pengawas profesional, kepala sekolah profesional dan guru profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:16
Last Modified: 10 Nov 2020 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item