Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus: SMK NU Al- Hidayah Ngimbang)

Wibawati, Eka Rahmah (2018) Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus: SMK NU Al- Hidayah Ngimbang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104014_PRA BAB.pdf

Download (699kB)
[img] Text
932104014_BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932104014_BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
932104014_BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932104014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
932104014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
932104014_BAB VI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932104014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932104014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)

Abstract

Selama ini erat kaitannya persoalan penyelenggaraan pendidikan agama islam terutama kesalahan dalam proses pembelajaran mengakibatkan hasil PAI belum memuaskan. Terdapat banyak masalah kerusakan moral yang semuanya dikaitkan dengan kegagalan pada penyelenggaraan PAI. Oleh karena itu peneliti mengambil judul problematika pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan (studi kasus: SMK NU Al- Hidayah Ngimbang). Fokus penelitian, 1. Bagaimana problematika pelaksanaan pembelajaran PAI di SMK NU Al-Hidayah? 2. Faktor-faktor apa yang menyebabkan adanya problematika pelaksanaan pembelajaran PAI? 3. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI ? Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengordinasikan dan mengurutkan data ke dalam pola kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Problematika pembelajaran di SMK NU Al-Hidayah adalah peserta didik yang kurang kondusif, akhlak siswa kurang baik, pendidik kurang mengetahui variasi metode pembelajaran, penerapan metode yang kurang bervariasi, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan minat orang tua terhadap pendidikan rendah. 2) Faktor yang mempengaruhi problematika adalah pergaulan siswa, teman ramai, kurangnya wawasan pendidik, metode yang digunakan sesuai kesukaan pendidik, faktor pengadaan sarana prasarana dan pola pikir orang tua terhadap pendidikan. 3) Upaya untuk mengatasi problematika tersebut adalah memberi nasehat, memberi tugas siswa agar bisa kondusif, pendidik berupaya dengan terus belajar, berusaha memvariasikan metode sesuai tema pelajaran, meminta kepada lembaga agar sarana dan prasarana terpenuhi, dan menjalin komunikasi antara lembaga dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:49
Last Modified: 26 Oct 2020 04:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item