Persepsi Siswa Terhadap Profesionalitas Guru (Studi Kasus Di MAN 2 Kota Kediri)

M, Dewi Ainun (2018) Persepsi Siswa Terhadap Profesionalitas Guru (Studi Kasus Di MAN 2 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401212_PRABAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933401212_BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
933401212_BAB 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
933401212_BAB 3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
933401212_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
933401212_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
933401212_BAB 6.pdf

Download (201kB)
[img] Text
933401212_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
933401212_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi sekolah yang memiliki peranan yang sangat penting di sekolah MAN 2 Kota Kediri. Pengurus OSIS dilatih untuk dapat berfikir secara logis, kritis, dan demokratis. Guru yang profesional akan mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa. Berdasarkan latar belakang di atas menghasilkan fokus penelitian : (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap profesionalitas guru di MAN 2 Kota Kediri? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap profesionalitas guru di MAN 2 Kota Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari 7 informan yang menjadi pengurus OSIS. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Analisis data di dalam penelitian ini menggunakan proses analisa Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Persepsi siswa (pengurus OSIS) terhadap professional guru adalah guru mampu merancang pembelajaran dan menerapkan teori belajar sesuai karakteristik belajar siswa serta kurikulum yang berlaku (kompetensi pedagogis), Guru sudah memiliki kepribadian yang mendidik, mantap saat mengajar dan selalu berpenampilan menarik, sopan dan berwibawa dapat dijadikan suritauladan yang baik (kompetensi kepribadian), interaksi guru dengan siswa sudah baik dan guru dapat beradaptasi di lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah (Kompetensi sosial), Guru telah memenuhi syarat profesional yang telah ditentukan oleh Negara dan ketentuan sekolah (Kompetensi profesional). (2) Faktor yang mempengaruhi Persepsi siswa (pengurus OSIS) terhadap profesional guru adalah faktor internal antara lain pengalaman yang menyenangkan dan ingatan yang bermakna, serta suasana hati siswa (pengurus OSIS MAN 2 Kediri). Faktor eksternal antara lain lingkungan di kelas dan Interaksi guru dan siswa yang terlibat di dalam proses pembelajaran yang dikemas secara menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:10
Last Modified: 15 Oct 2020 02:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item