Manajemen Pembelajaran Al Qur'an di Pondok Pesantren Murottillil Qur'an Kodran Semen Kediri

Bahrudin, - (2019) Manajemen Pembelajaran Al Qur'an di Pondok Pesantren Murottillil Qur'an Kodran Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932133915 Pra Bab.pdf

Download (560kB)
[img] Text
932133915 BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
932133915 BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
932133915 BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932133915 BAB IV.pdf

Download (918kB)
[img] Text
932133915 BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932133915 BAB VI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932133915 Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932133915 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termotivasi oleh proses pembelajaran yang menjadi komponen penting dalam pendidikan. Untuk menghasilkan suatu pembelajaran yang berkualitas dan dapat dikatakan optimal ,maka perlu adanya manajemen pembelajaran secara profesional. Dengan diterapkan manajemen pembelajaran terbesebut dapat mencetak output yang bermutu dalam berdaya saing. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al Qur’an di Pondok Pesantren Murottillil Qur’an Kodran?2). Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an di Pondok Pesantren Murottillil Qur’an kodran? 3). Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Al Qur’an di Pondok Pesantren Murottillil Qur’an Kodran? 4). Apa kendala yang dihadapi dalam proses Pembelajaran Al Qur’an di Pondok Pesantren Murottillil Qur’an Kodran? Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sehingga hasil penelitian akan di olah dalam bentuk deskripsi. Subyek dalam penelitian ini adalah Ketua pondok,pengurus ,pengajar dan santri. Prosedur Pengumpulan data 1). Observasi 2). Wawancara 3). Dokumentasi. Analisis data 1). Reduksi data 2). Sajian data 3). Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data 1) perpanjangan keikutsertaan 2). Trianggulasi 3).Ketekunan Penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembelajaran di PPMQ diawali dengan menentukan jadwal kegiatan ,mengrekrut guru pengajar, menentukan metode yang digunakan serta penerimaan santri baru, 2) Tahap Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatatan kegiatan pembelajaran Al Qur’an, Kurikulum yang gunakan, materi yang yang disampaikan dan metode yang digunakan. 3) Evaluasi pembelajaran di PPMQ yaitu dengan mengadakan tes tulis dan lisan.4). Kendala yang dihadapi yaitu 1).kurangnya kesadaran santri 2). Perbedaan kecerdasan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:13
Last Modified: 08 Oct 2020 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item