FAJARIYAH, ISNA ROBI’ATUL (2018) STUDI KOMPARASI SIKAP KERJASAMA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TPS (THINK PAIR SHARE) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs MIFTAHUL ‘ULUM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110414_PRA BAB.pdf Download (432kB) |
|
Text
932110414_BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
932110414_BAB II.pdf Download (408kB) |
|
Text
932110414_BAB III.pdf Download (311kB) |
|
Text
932110414_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
932110414_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932110414_BAB VI.pdf Download (156kB) |
|
Text
932110414_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
Abstract
Kata Kunci: model pembelajaran tgt (teams games tournament), tps (think pair share) dan sikap kerjasama siswa Pendidikan memikul peran penting dalam pengembangan dan peningkatan potensi siswa yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada zaman sekarang, aspek yang sering diabaikan ialah aspek afektif yaitu sikap kerjasama. Dalam hal ini, guru memiliki peran penting dalam membentuk sikap kerjasama siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai, yaitu dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet) dan TPS (Think Pair Share). Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet) dan TPS (Think Pair Share) dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet) mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Miftahul ‘Ulum Kediri?, 2) Bagaimana sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Miftahul ‘Ulum Kediri?, 3) Adakah perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TPS (Think Pair Share) mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Miftahul ‘Ulum Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum Kediri yang berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 33 siswa dan VIII C yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik menggunakan rumus independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) tergolong tinggi dengan prosentase 75,8% dan rata-rata 65,97. 2) Sikap kerjasama siswa yang menggunkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) tergolong sedang dengan prosentase 51,5% dan rata-rata 60,27. 3) Terdapat perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TPS (Think Pair Share), karena diperoleh thitung yaitu 3,163 lebih besar dari ttabel yaitu 2,037 dengan taraf signifikansi 5% yang artinya tolak Ho dan terima Ha. Hasil ini juga diperkuat dengan perbandingan nilai signifikansi 0,003 yang lebih kecil dari taraf signifikansinya yaitu 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 05:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 05:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1394 |
Actions (login required)
View Item |