IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI KMI (KULLIYATUL MU’ALLIMINAL ISLAMIYAH) PONDOK MODERN DARUL MA’RIFAT GONTOR 3 KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

HUTOMO, GHAMAL SHOLEH (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI KMI (KULLIYATUL MU’ALLIMINAL ISLAMIYAH) PONDOK MODERN DARUL MA’RIFAT GONTOR 3 KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113714_PRA BAB.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932113714_BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932113714_BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932113714_BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932113714_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
932113714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
932113714_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran Salah satu penyebab munculnya masalah dalam pendidikan adalah praktik mengajar yang lebih memfokuskan pada penguasaan materi daripada membekali siswa dari sudut kompetensi. Padahal secara teoritis pendidikan adalah membimbing anak lewat pengajaran sehingga mereka memiliki kompetensi sesuai dengan bakat masing – masing. Untuk meningkatkan peran guru agar lebih maksimal maka diperlukan supervisi secara umum terhadap roda operasional kesehatan organisasi.Penelitian ini berfokus pada persoalan : Implementasi Supervisi Akademik di KMI (Kulliyatul Mu’alliminal Islamiyah) Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri untuk meningkatkan mutu pembelajaran, yang kemudian dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri ? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri? (3) Bagaimana mutu pembelajaran di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Analisis deskriptif. dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah Ustadz senior, ustadz tahun ke 6, ustadz staff KMI dan ustadz pengajar. Maka dapat disajikan temuan penelitian sebagai berikut : Pertama, perencanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri, yaitu (1) Identifikasi masalah: a. Metode pengajaran ustadz, b. Persiapan pembelajaran, c. Keadaan guru dan santri dalam kelas selama proses pembelajaran (2)membuat target/tujuan: a. Tujuan disini untuk mengetahui secara langsung kemampuan serta persiapan ustadz dalam mengajar, b. Membuat jadwal supervisi akademik, c. Teknik supervisi yang digunakan. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri dilaksanakan dengan menggunakan :1) prinsip – prinsip supervisi akademik : a. prinsip demokratis, b. prinsip kerjasama,c. Konstruktif dan kreatif (2)teknik supervisi yang digunakan dengan teknik supervisi individual: a. Melakukan kunjungan kelas, b.Melakukan observasi kelas, c. Menggunakan metode visual, d. Pertemuan individual, Supervisi Kelompok : a. Evaluasi kamisan, b.Mengadakan kegiatan Ta’hil. Ketiga, Mutu pembelajaran di Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor 3 Kediri ditinjau dari beberapa aspek adalah sebagai berikut :(1) indikator mutu pembelajaran : a. Mempunyai daya tarik , b. Efektifitas,c. Produktivitas (2)faktor mutu pembelajaran : a. disiplin santri , b. menggunakan metode mengajar yang bervariasi, c. adanya kurikulum KMI dimana pada kurikulum ini bersifat tetap , d. dengan belajar Muwajjah (belajar malam)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 20 Jul 2020 05:51
Last Modified: 20 Jul 2020 05:51
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item