Rahayu, Presty Rudi Dwi (2023) Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan Online Shop Ditinjauh Dari Marketing Syariah (Studi Kasus Onlineshop Aeshop Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931312917_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
931312917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931312917_bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
931312917_bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
931312917_bab 3.pdf Download (465kB) |
|
Text
931312917_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
931312917_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
931312917_bab 6.pdf Download (86kB) |
|
Text
931312917_daftarpustaka.pdf Download (444kB) |
|
Text
931312917_sp.pdf Download (318kB) |
Abstract
Presty Rudi Dwi Rahayu, 2022. Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan Online Shop Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus Online Shop Aeshop Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Sulistyowati, SHI, MEI dan (2) Suprihantosa Sugiarto, SEI, MH. Kata Kunci: Media Sosial Tiktok, Peningkatan Penjualan, Marketing Syariah Media sosial menjadi alat dan saluran untuk komunikasi perusahaan. Dimana informasi tentang barang dan jasa dapat didistribusikan kepada masyarakat umum. Sudah banyak para pelaku usaha yang menggunakan media sosial dalam memasarkan produk yang mereka jual. Salah satunya yaitu media sosial Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi dengan sejumlah fitur unik dan menarik yang memungkinkan pengguna untuk sekadar membuat video pendek menghibur yang dapat menarik perhatian banyak orang. Media sosial Tiktok yang sedang diminati oleh banyak orang membuat para pelaku usaha memasarkan dan juga mempromosikan produk usahanya. Dampak positif bagi para pelaku usaha yaitu adanya peningkatkan penjualan yang terjadi. Namun disisi lain dalam memasarkan produk serta mempromosikannya melalui media sosial Tiktok bila dilihat dari marketing Syariah apakah pelaku usaha sudah sesuai dan tidak keluar dari syariat Islam yang dapat merugikan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana peran media sosial Tiktok dalam meningkatkan penjualan online shop pada Aeshop Kediri? 2. Bagaimana peran media sosial Tiktok dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari marketing syariah pada Aeshop Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah owner Aeshop Kediri dan karyawan. Kemudian, dalam proses menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Peran media sosial pada Aeshop Kediri di dalam pemasaran sangat dimaksimalkan untuk meningkatkan penjualannya. Peran media sosial dalam penjualan yang dilakukan Aeshop adalah peran media sosial sebagai branding dengan menggunakan fitur hashtag dan caption pada setiap postingan sekaligus sebagai marketing produk skincare yang Aeshop miliki. Dalam menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen Aeshop menggunakan direct message dan kolom komentar, serta penggunaan fitur bagi link oleh para konsumen yang membuat konten Aeshop viral (2) Tinjauan marketing syariah yang terdapat pada pemasaran melalui media sosial Tiktok yang dilakukan oleh Aeshop Kediri sesuai dengan kriteria dari marketing syariah yang mana di dalamnya selalu berhati-hati dalam membuat konten agar konsumen tidak merasa rugi, mengedepankan kejujuran disetiap postingan dan juga keadilan, bersikap professional dan tidak berlebihan di dalam membuat konten, tidak membeda-bedakan setiap konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Presty Rudi Dwi Rahayu |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:55 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9930 |
Actions (login required)
View Item |