Uswatun Hasanah Guru Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di MAN 3 Nganjuk

Hidayati, Novita Wahyu (2023) Uswatun Hasanah Guru Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109519_prabab.pdf

Download (427kB)
[img] Text
932109519_bab1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932109519_bab2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932109519_bab3.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932109519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
932109519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
932109519_bab6.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932109519_daftarpustaka.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932109519_sp.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Novita Wahyu. Dosen Pembimbing (I) Dr. Hj. Najahah, M.Ag., dan (II) Zakiyatus Soimah, M.HI. Uswatun Hasanah Guru dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 3 Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2023. Kata Kunci: Uswatun Hasanah, Peran Guru, Kepribadian Siswa Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang menghubungkan moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sebagai pondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas yang mampu hidup mandiri dan memiliki prinsip kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Karakter atau kepribadian merupakan perilaku (behavior), bukan pengetahuan semata sehingga untuk diimplementasikan oleh peserta didik, maka harus diteladankan bukan hanya diajarkan. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian siswa di sekolah lebih tepat melalui keteladanan (uswah) yang dilakukan oleh guru. Uswatun hasanah guru perlu diciptakan karena guru sebagai tokoh sentral yang setiap saat menjadi perhatian peserta didik di sekolah. Oleh karena itu, di MAN 3 Nganjuk sangat memperhatikan tingkah lakunya dalam bersikap terutama guru-gurunya dalam rangka upaya membentuk kepribadian siswa melalui uswatun hasanah yang ditampilkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kepribadian siswa di MAN 3 Nganjuk, 2) Mendeskripsikan bentuk uswatun hasanah guru dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepribadian siswa di MAN 3 Nganjuk sudah baik semua. Hal itu dapat dilihat dari ketika siswa datang ke sekolah tepat waktu, sebelum masuk ke sekolah bersalaman dengan bapak ibu guru, jika bertemu bapak ibu guru mereka menyapa dengan salam, kemudian melaksanakan puasa senin-kamis, sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjamaah, ta’dhim kepada bapak ibu guru, sopan santun dalam bersikap maupun berbicara. (2) Kepribadian siswa yang baik itu didapat melalui uswatun hasanah dari gurunya, yaitu di antaranya melalui nasihat; melalui perilaku dengan memberikan contoh kedisiplinan dan tanggung jawab, cara bergaul; melalui pembiasaan pembacaan Al-Qur’an; serta melalui bimbingan dan arahan khusus dari guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novita Wahyu Hidayati
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:52
Last Modified: 26 Sep 2023 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item