Aziz, Akhmad (2023) Studi Komparasi Multiple Intelligences Howard Gardner Dengan Imam Al-Ghazali. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
21501005_prabab.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (1MB) |
|
Text
21501005_bab1.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (295kB) |
|
Text
21501005_bab2.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (212kB) |
|
Text
21501005_bab3.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (209kB) |
|
Text
21501005_bab4.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (259kB) |
|
Text
21501005_bab5.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (205kB) |
|
Text
21501005_bab6.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (108kB) |
|
Text
21501005_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (454kB) |
|
Text
21501005_sp.pdf Download (377kB) |
Abstract
Multiple Intelligences merupakan konsep pendidikan yang memandang potensi, bakat dan kecerdasan manusia tidak cukup jika dilihat dari aspek bahasa dan matematik saja. Multiple intelligences atau lebih dikenal dengan kecerdasan majemuk merupakan sebuah teori pendidikan yang memberikan wawasan jika potensi, bakat dan kecerdasan yang dimiliki setiap anak yang lahir ke dunia ternyata sangatlah beragam. Konsep ini bukanlah konsep yang bisa menjamin nantinya anak yang bisa cerdas semua, akan tetapi setidaknya bisa mengoptimalkan dan membantu untuk mengembangkan potensi yang bisa dimiliki oleh anak dalam usia belajar. Howard Gradner merupakan tokoh Barat yang terkenal ahli dalam penelitian dibidang psikologi dan antropologinya sedangkan Imam al-Ghazali adalah cendikiawan muslim periode klasik yang tidak hanya ahli dalam satu atau dua disiplin ilmu saja. Dalam penelitian ini dilakukan komparasi pemikiran sebagai usaha untuk mengetahui letak relevansi konsep pemikiran multiple intelligences Howard Gardner dengan Imam al-Ghazali. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis data content analisys. Data tersebut diperoleh dari sumber data primer berupa Buku karya Howard Fardner dan juga Imam al-Ghazaliyang di dukung dengan beberapa sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan, bahwa dalam konsep Multiple intelligences prespektif Howard Gradner memiliki hubungan dengan Imam al-Ghazali terkait potensi dari setiap manusia yang perlu dikembangakan namun ada beberapa poin yang membedakan konsep dari kedua tokoh tersebut yakni aspek spritualitas yang tidak dimasukkan oleh Howard Gardner.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AKHMAD AZIZ |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:27 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9908 |
Actions (login required)
View Item |