Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Perspektif M Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia

Daiman, Moh Fikhi Nur (2022) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Perspektif M Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102917_prabab.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932102917_bab1.pdf

Download (608kB)
[img] Text
932102917_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932102917_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
932102917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
932102917_bab5.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932102917_daftarpustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932102917_lembarpublikasi.pdf

Download (574kB)

Abstract

Eksistensi akhlak semakin memburuk seiring waktu ke waktu terutama di kalangan generasi bangsa, dari hal ini perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai nilai-nilai akhlak. Penelitian ini berkenaan dengan akhlak yang diambil dari M. Quraish Shihab akan membantu mengatasi permasalahan ini. Mengingat beliau adalah salah satu tokoh dalam Pendidikan islam yang banyak sekali memberikan sumbangan pemikiran yang mengarahkan peserta didik agar berakhlak serta berkarakter baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan antara lain sebagai berikut: (1) Mengetahui bagaimana nilai-nilai akhlak menurut pemikiran M.Quraish Shihab. (2) Mengetahui relevansi nilai Pendidikan akhlak tersebut dengan Pendidikan karakter di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah riset kepustakaan dan metode penelitian adalah deskriptif analitik. Sumber primer yang digunakan adalah buku-buku yang ditulis M. Quraish Shihab terutama yang berkaitan dengan Akhlak seperti Yang Hilang dari Kita: Akhlak’, Tafsir Al-Misbah, Wawasan Al-Qur’an dimana data tersebut di cek keabsahanya menggunakan ketekunan penelaah, bahan referensi dan triangulasi yang memanfaatkan penggunaan teori dan kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan akhlak menurut pemikiran M. Quraish Shihab yaitu: (a)Keikhlasan, (b)Rahmat, (c)Ilmu, (d)Membaca, (e)Kesabaran, (f)Kebenaran, (g)Amanah, (h)Kekuatan, (i)Kelapang dada, (j)Toleransi, (k)Kedisiplinan, (l)Hidup sederhana, (m)Malu, (n)Tabayun. (2) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak menurut pemikiran M. Quraish Shihab yang tertuang dalam karya karya intelektualnya, sangat relevan dengan Pendidikan karakter yang dicanakan pemerintah, bahkan mampu bersinergi dengan baik dan mampu melengkapi. Adapun relevansinya yang didapat dalam penelitian ini yaitu: karakter religius, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Fikhi Nur Daiman
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:34
Last Modified: 07 Sep 2023 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item View Item