Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MAN Prambon Nganjuk Tahun Ajaran 2014-2015

Rini, Dwi Setiyo (2015) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Di MAN Prambon Nganjuk Tahun Ajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110711-prabab.pdf

Download (431kB)
[img] Text
932110711-bab1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932110711-bab2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
932110711-bab3.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932110711-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
932110711-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
932110711-bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932110711-Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] Text
932110711-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Dalam belajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, baik faktor intern seperti kesehatan, kecerdasan, minat, bakat, kebiasaan, motivasi, kematangan, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Kebiasaan belajar adalah segenap perilaku yang ditunjukkan secara ajeg dari waktu ke waktu dalam rangka pelaksanaan belajar. Minat membaca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca terhadap kemauannya sendiri. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Prambon Nganjuk? 2) Bagaimana pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Prambon Nganjuk? 3) Bagaimana pengaruh kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Prambon Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X di MAN Prambon Nganjuk yang berjumlah 146 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 105 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 12%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y = 91,649 + 0,091. X1. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca terhadap prestasi belajar siswa sebesar 30.2%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa adalah Y = 83,510 + 0,044. X2. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa sebesar 21,3%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 93,479 + 0,088 X1 + 0,015 X2.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Dec 2019 09:41
Last Modified: 27 Dec 2019 09:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item