Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri

Samsudin, Samsudin (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109111-prabab.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932109111-bab1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932109111-bab2.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932109111-bab3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932109111-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
932109111-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
932109111-bab6.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932109111-Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932109111-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Secara umum pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang di kembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits untuk kepentingan pendidikan. Maka pelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam, melainkan peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan sebuah usaha yang dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yakni memberikan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Fokus dari skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri?, 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri?, 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri?, Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri dilakukan oleh guru PAI dengan membuat perencanaan pembelajarannya sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan, 2). pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri menggunakan media seperti papan tulis, LCD, dan terdapat masjid yang cukup luas untuk melaksanakan kegiatan praktek, sedangkan untuk metode yang biasa digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan bentuk game, 3). Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri mengikuti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka yang dijadikan bahan evaluasi memperhatikan ketiga ranah: kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ulangan harian, UTS dan UAS, sehingga dapat mengukur kuantitas dan kualitas pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:11
Last Modified: 27 Dec 2019 08:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item