Susanto, Mohammad Adi (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Gerbang (Geometri Bangun Ruang) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas V SDI As Syafi’ah Mojosari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609619_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932609619_bab1.pdf Download (256kB) |
|
Text
932609619_bab2.pdf Download (320kB) |
|
Text
932609619_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text
932609619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
|
Text
932609619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Text
932609619_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
Text
932609619_daftarpustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
932609619_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932609619_publikasi.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika, seperti kita ketahui bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang menarik dan dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik yang mengakibatkan rendahnya motivasi belajar, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Seperti kita ketahui kecanggihan teknologi berkembang semakin pesat sehingga perlu adanya penyesuaian proses pembelajaran dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana pengembangan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang)? 2) bagaimana kelayakan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang)? 3) bagaimana pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V?. Metode penelitian dan pengembangan penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan APPED terdiri dari 5 tahapan sistematis dan logis, yaitu analisis, perencanaan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang) menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan APPED terdiri dari 5 tahapan sistematis dan logis, yaitu analisis, perencanaan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. 2) kelayakkan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang) mendapat penilaian kualifikasi Sangat Layak (SL) menurut penilaian ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran dengan hasil persentase kelayakan sebesar 87,5% oleh ahli media 1 dan 90% oleh ahli media 2. Sedangkan persentase kelayakan menurut ahli materi 1 sebesar 85% dan 92, 25% oleh ahli materi 2 dan ahli pembelajaran sebesar 88%. 3) pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang) setelah dilakukan uji pengguna pada tahap pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 51, 32, sedangkan pada tahap postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,19. Dengan demikian, penggunaan multimedia pembelajaran interaktif GERBANG (geometri bangun ruang) berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas V.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Adi Susanto |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 02:52 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 02:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9721 |
Actions (login required)
View Item |