Karim, Ahmad Atho'ul (2021) Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Queen Al Falah Ploso Mojo Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400819003_prabab.pdf Download (571kB) |
|
Text
92400819003_bab1.pdf Download (105kB) |
|
Text
92400819003_babII.pdf Download (290kB) |
|
Text
92400819003_babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
92400819003_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text
92400819003_babV.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
|
Text
92400819003_babVI.pdf Download (19kB) |
|
Text
92400819003_daftarpustaka.pdf Download (136kB) |
|
Text
92400819003_lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
92400819003_sp.pdf Download (143kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia dilihat dari semua sudut pandang, karena semua yang dilakukan manusia tidak lepas dari yang namanya ilmu. Maka dari itu penting adanya lembaga pendidikan. Dalam hal ini pemerintah menentukan standar nasional pendidikan yang mana salah satunya yaitu standar sarana dan prasarana. Tujuan penentuan standar nasional pendidikan adalah untuk menghasilkan lulusan yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Queen Al Falah. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama, pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara pembelian, penyewaan, dan pemberian, untuk biaya berasal dari iuran bulanan santri dan sumbangan. Yang kedua, pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan secara rutin, berkala, darurat, dan preventif. Yang ketiga, inventarisasi dilihat dari tujuan sudah dilakukan akan tetapi secara administratif belum dilakukan. Yang keempat, pemanfaatan sarana dan prasarana dilakukan sebagaimana pinsip efektifitas dan efisiensi, akan tetapi tidak secara keseluruhan. Kesimpulan dari manajemen sarana dan prasarana tersebut mulai dari pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan pemanfaatan menunjukkan bahwa dilihat dari prinsip efektifitas dan efisiensi dianggap masih belum memenuhi standar sarana dan prasarana yang dibutuhkan lembaga pendidikan dalam peningkatan mutu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Atho'ul Karim |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 07:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9702 |
Actions (login required)
View Item |