Integrasi Ilmu Dalam Pendidikan Islam (Studi Komparasi Pemikiran Amin Abdullah Dan Imam Suprayogo)

Khusnaa, Siti Asmaul (2022) Integrasi Ilmu Dalam Pendidikan Islam (Studi Komparasi Pemikiran Amin Abdullah Dan Imam Suprayogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128116_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932128116_bab1.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932128116_bab2.pdf

Download (382kB)
[img] Text
932128116_bab3.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932128116_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
932128116_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
932128116_bab6.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932128116_daftarpustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932128116_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (300kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat tentu menuntut seluruh elemen masyarakat untuk saling beradaptasi sehingga akan tetap relevan dalam menghadapi tuntutan zaman, tak terkecuali lembaga pendidikan Islam. Sistem pendidikan sekuler yang mementingkan aspek materi sering dipertentangkan dengan pendidikan agama yang terpusat pada aktivitas spiritual. Dengan demikian, kedua sistem ini sebenarnya akan melahirkan kepribadian yang pecah (split personality). Oleh karena itu, perlu adanya integrasi ilmu dalam sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki kepribadian yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami konsep integrasi ilmu yang dikembangkan oleh Amin Abdullah dan Imam Suprayogo. Keduanya merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dan populer bagi pengembangan keilmuan yang integratif di lingkungan PTKIN. Hal tersebut dibuktikan dengan apresiasi Kementerian Agama terhadap konsep spider web yang digagas oleh Amin Abdullah hingga dijadikan sebagai model pengembangan keilmuan yang integratif. Sedangkan upaya Imam Suprayogo dalam mengembangkan konsep shajarah al-‘ilm yang dimanifestasikan dalam bentuk ma’had al-jami’ah dijadikan sebagai model bagi pengembangan PTKIN lainnya. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Adapun teknik penelitian yang digunakan yakni dengan mengumpulkan data yang bersumber dari buku, jurnal, maupun makalah prosiding seminar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep integrasi ilmu dalam pendidikan Islam menurut Amin Abdullah dan Imam Suprayogo bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang ideal, yakni dengan terciptanya manusia yang unggul baik dalam kehidupan duniawi maupun ukhrawi/insan kamil. (2) Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan rekonstruksi ulang pada sistem pendidikan Islam, baik dari segi tujuan, dasar, struktur kurikulum, maupun metode yang digunakan dalam pembelajaran. (3) Dalam pelaksanaannya, maka Al-Qur’an dan Hadits digunakan sebagai sumber yang menjadi dasar pengembangan ilmu-ilmu lainnya. Oleh sebab itu, antar bidang keilmuan hendaknya saling bertegur sapa sehingga bisa mencegah terjadinya dualisme/dikotomi ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Asmaul Khusnaa
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:24
Last Modified: 24 Aug 2023 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9697

Actions (login required)

View Item View Item