Pengembangan Media Geoboard Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri

Azzaro, Adios Farri (2023) Pengembangan Media Geoboard Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932614019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932614019_bab1.pdf

Download (514kB)
[img] Text
932614019_bab2.pdf

Download (588kB)
[img] Text
932614019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
932614019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932614019_bab5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
932614019_daftarpustaka.pdf

Download (8MB)
[img] Text
932614019_sp.pdf

Download (369kB)

Abstract

Kurang maksimalnya dan terbatasnya media pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang tertarik pada materi pembelajaran yang berdampak pada kurangnya pemahaman konsep siswa yang mengakibatkan hasil belajar yang tidak maksimal. Maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran geoboard untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematka kelas IV di MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek coba pada penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli bahasa, dan peserta didik kelas IV MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan media geoboard dilihat dari hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli media 1 dan 2 masing-masing mendapatkan persentase 88,5% dan 98,5% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari kedua ahli materi mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase 98% dan 96%. Kemudian untuk ahli bahasa 1 dan 2 masing-masing mendapatkan persentase 91,4% dengan kategori sangat valid dan 97,1% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji keefektifan diperoleh melalui persentase hasil tes peserta didik di kelas IV MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Hasil rata-rata persentase keefektifan diperoleh dari N-Gain Score 0,84 yang berada dalam rentang nilai N-Gain≥0,7 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari pre-test ke post-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa media geoboard ini sangat efektif digunakan dan dapat meningkakan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adios Farri Azzaro
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:21
Last Modified: 26 Sep 2023 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9686

Actions (login required)

View Item View Item