Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Alfiyatul M., Dewi (2015) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108111-prabab.pdf

Download (632kB)
[img] Text
932108111-bab1.pdf

Download (622kB)
[img] Text
932108111-bab2.pdf

Download (815kB)
[img] Text
932108111-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
932108111-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
932108111-bab5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932108111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932108111-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Mengenai fenomena sosial yang sering terjadi sekarang ini. Banyak peserta didik yang mengalami pergeseran nilai-nilai pendidikan karakter. Banyak dari mereka yang sudah tidak mengenal lagi arti penting dari nilai-nilai pendidikan karakter. Jika hal awal atau suatu hal kecil tidak pernah dipelajari dan dipahami, maka peserta didik tidak akan pernah paham arti penting dari sebuah pendidikan untuk bekal hidup dimasa depan. Dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa banyak terdapat nilai-nilai pendidikan, salah satunya adalah nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan metode pembelajaran pendidikan karakter dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian Library Research. Dengan mengambil objek kajian novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis isi (Content Analisys). Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu 1). Terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya Nilai religius dapat diuraikan menjadi aspek (ketaatan dalam puasa, sholat dan zakat), Nilai jujur, Nilai toleransi, nilai toleransi dapat diuraikan menjadi aspek (menghormati keyakinan orang lain, saling mengerti, mengakui hak setiap orang), Nilai disiplin, Nilai kerja keras, nilai kerja keras dapat diuraikan dalam aspek (memiliki keinginan kuat, optimis, yakin, pantang menyerah, sabar), Nilai kreatif, Nilai mandiri, nilai mandiri dapat diuraikan dalam aspek berani bercita-cita, Nilai demokratis, Nilai rasa ingin tahu, nilai mandiri dapat diuraikan dalam aspek (berwawasan luas, berfikir kritis, berfikir logis, berfikir inovatif, Nilai semangat kebangsaan), Nilai cinta tanah air, nilai cinta tanah air dapat diuraikan dalam aspek nasionalis, Nilai menghargai prestasi, Nilai bersahabat atau komunikatif, Nilai cinta damai, nilai cinta damai dapat diuraikan dalam aspek sopan santun, Nilai gemar membaca, Nilai peduli lingkungan, Nilai peduli sosial, dan Nilai tanggung jawab. 2). Terdapat beberapa metode metode pembelajaran untuk menanamkan pendidikan karakter, diantaranya: Metode ceramah, Metode tanya jawab, Metode bercerita atau Qashash, Metode membaca, Metode Demonstrasi, Metode Teladan atau Uswah, Metode Nasehat, Metode pencarian bersama, Metode Live In, Metode Penjernihan nilai, dan Metode Karyawisata.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:43
Last Modified: 20 Dec 2019 06:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item