Mahmudah, Lu’lu’ (2014) Peran Metode Pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih siswa MA NU Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100310 prabab.pdf Download (224kB) |
|
Text
932100310 BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
932100310 BAB II.pdf Download (272kB) |
|
Text
932100310 BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text
932100310 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
Text
932100310 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text
932100310 BAB VI.pdf Download (16kB) |
|
Text
932100310 Daftar putaka.pdf Download (87kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa di MA NU Mojosari yang rendah akan mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga hal tersebut berdampak pada prilaku belajar mereka yang pasif diwaktu mengikuti pelajaran di kelas. Maka seorang guru perlu meningkatkan kembali motivasi belajar siswa yang rendah yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Sehingga anak-anak lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran Fiqih. Berawal dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil Fokus penelitian ini adalah 1) Metode apa saja yang dipakai guru dalam pembelajaran fiqih di MA NU Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk? 2) Sejauhmana peran metode pembelajaran yang dipakai guru dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa MA NU Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk?. Dengan tujuan untuk mengetahui metode apa saja yang dipakai guru dalam pembelajaran fiqih di MA NU Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk serta untuk mengetahui sejauhmana peran metode pembelajaran yang dipakai guru dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa MA NU Mojosari Ngepeh Loceret Nganjuk. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) macam-macam metode pembelajaran yang dipilih oleh guru fiqih adalah metode ceramah, kerja kelompok, diskusi, tanya jawab, penugasan, inquiri.di MA NU Mojosari menggunakan sebagian dari metode pembelajaran karena disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa serta materi yang diajarkan. 2) peran metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa yang ada di MA NU Mojosari Nganjuk sudah kodusif dalam proses belajar mengajar, Selain itu metode pembelajaran yang dipilih atau mempunyai peran dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa MA NU Mojosari adalah metode diskusi, karena dengan metode diskusi siswa diajarkan untuk berperan aktif dengan sesama temannya dan siswa mengetahui hasil dari diskusi tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:50 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9655 |
Actions (login required)
View Item |