Lutfi, Nurul Ainun (2022) Pengembangan Media Papan Spinner Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama' Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932602018_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932602018_bab1.pdf Download (4MB) |
|
Text
932602018_bab2.pdf Download (4MB) |
|
Text
932602018_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932602018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
932602018_bab5.pdf Download (117kB) |
|
Text
932602018_daftarpustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
932602018_sp.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian dan pembembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran, belum adanya pengembangan media pembelajaran berbasis permainan seperti papan spinner, dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif dan inovaif, kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki 5 langkah yang ditempuh yaitu Analysis (analisis), Desaign (perancangan), Development (pengembanagan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDNU Gurah Kediri. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa: 1) pengembangan media papan spinner yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPS dengan konsep bermain sambil belajar. Kriteria tingkat kevalidan media papan spinner sebagai media pembelajaran ditentukan berdasarkan penilaian: (1) ahli media diperoleh persentase sebesar 92,7%, (2) ahli materi diperoleh persentase sebesar 90,9%, dan (3) ahli pembelajaran diperoleh persentase sebesar 87,3%,. Dan hasil penelitian yang ke 2) efektivitas media papan spinner sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Adapun tingkat keefektifan media papan spinner dapat dilihat dari hasil uji coba pemakaian melalui angket diperoleh persentase 85,8%, selain itu dapat dilihat dari nilai pre test dan post test yang telah dilakukan dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media papan spinner dan sesudah menggunakan media papan spinner, yakni dengan perbedaan rata-rata nilai pre test sebesar 5,6% sedangkan rata- rata nilai post test 7,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media papan spinner dapat dikatakan sangat valid dan efektif serta layak untuk digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDNU Gurah Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Ainun Lutfi |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:26 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9645 |
Actions (login required)
View Item |