Fuadi, Mutho’ul (2015) Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al Ghazali dan Hamka. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107010-prabab.pdf Download (657kB) |
|
Text
932107010-bab1.pdf Download (382kB) |
|
Text
932107010-bab2.pdf Download (441kB) |
|
Text
932107010-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
932107010-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
932107010-bab5.pdf Download (13kB) |
|
Text
932107010-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak ditujukan sebagai upaya pembentukan dan pembinaan akhlak pada jiwa anak, menanamkan nilai-nilai akhlak Islami, memberikan pengajaran, pembiasaan dan latihan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berperilaku sesuai dengan akhlaq al karimah. Hal ini diwujudkan berdasarkan banyaknya kenyataan saat ini akan kemerosotan akhlak, moral dan etika dengan segala macam bentuk tingkah laku mereka yang tidak sedikit menimbulkan kekacauan bagi dirinya pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana perspektif pendidikan akhlak menurut Al Ghazali? 2)Bagaimana perspektif pendidikan akhlak menurut Hamka? 3)Apa persamaan dan perbedaan pendidikan akhlak dalam perspektif Al Ghazali dan Hamka? Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui pendidikan akhlak prespektif Al Ghazali 2)Untuk mengetahui pendidikan akhlak prespektif Hamka 3)Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pendidikan akhlak dalam prespektif Al Ghazali dan Hamka. Penelitian yang dilakukakn ini adalah termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan library research. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis kritis, sumber data primernya adalah karya-karya Al Ghazali dan Hamka yang berhubungan dengan pendidikan akhlak dan data sekundernya adalah karyakarya yang serupa yang mempunyai tema sama. Sedangkan untuk analisinya peneliti menggunakan cara content analysis atau analisis isi yaitu pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan,dibahas dan dikritik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan akhlak menurut Al Ghazali dan Hamka adalah (1) konsep pendidikan akhlak menurut imam Ghazali meliputi: Pengertian Akhlak, pendidikan Akhlak, tujuan pendidikan Aklak dan metode pendidikan akhlak. (2) konsep pendidikan akhlak menurut Hamka meliputi: Pengertian Akhlak, pendidikan Akhlak, tujuan pendidikan Aklak dan metode pendidikan akhlak. (3) Persamaan dan perbedaan Pendidikan akhlak dalam perspektif Al Ghazali dan Hamka adalah a) persamaan dalam hal pengertian akhlak yaitu sifat batin b) perbedaan menurut Al Ghazali dalam pendidikan akhlak suatu proses menghilangkan sesuatu, metode pendidikan akhlak adalah pensucian jiwa mujahadah, teladan dan riyadloh tujuan adalah pencarian Tuhan agar manusia meniru sifat-sifat Tuhan. Sedangkan perbedaan menurut Hamka Pendidikan Akhlak adalah proses kesehatan jiwa. Tujuan pendidikan akhlak untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan membentuk insan al-kamil.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/961 |
Actions (login required)
View Item |