Pengaruh Keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng kabupaten Nganjuk

Wulandari, Ika Mei (2014) Pengaruh Keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931304010 prabab.pdf

Download (158kB)
[img] Text
931304010 bab 1-3.pdf

Download (457kB)
[img] Text
931304010 BAB 4-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
931304010 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Saat ini, perkembangan pasar modern yang salah satunya berbentuk Waralaba mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern dengan beberapa alasan seperti: banyaknya jumlah varian produk, kenyamanan tempat, promosi-promosi. Pemerintah telah mengatur mengenai keberadaan pasar tradisional dan pasar modern. Salah satu Peraturan mengeni Pengelolaan Pasar tradisional dan Pasar Modern ini terdapat dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 112 tahun 2007 dan Peraturan Daerah Kaupaten Nganjuk Nomor 01 tahun 2012. Peraturan ini, memberikan gambaran mengenai perizinan pasar modern yang berbentuk waralaba. Salah satu waralaba yang berada di sekitar pasar tradisional Warujayeng Kabupaten Nganjuk adalah Waralaba Alfamart. Dimana waralaba Alfamart ini berjarak kurang dari 100 meter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan Waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah 318 pedagang pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel ditentukan 10% dari jumlah populasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel waralaba Alfamart (X) dan variabel pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk (Y) berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov Smirnov yaitu Asym.Sig. 0,170 > taraf signifikan (α) 0,05. Dari analisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment mengemukakan bahwa nilai r sebesar 0,373, artinya hubungan antara variabel waralaba Alfamart (X) dan variabel pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk (Y) adalah searah. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi menghasilkan model persamaan Y=28,412-0,534X. Kesimpulannya penelitian ini signifikan yang berarti terdapat pengaruh keberadaan waralaba Alfamart terhadap pendapatan pedagang muslim pasar Warujayeng Kabupaten Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:31
Last Modified: 14 Aug 2023 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item