Sudarnanik, Fera Yuhana Fitri Dwi (2023) Pengembangan Media Puzzle ASEAN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Materi ASEAN Kelas VI Semester 2 Di MI NURUL ISLAM BARENG JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932600919_prabab.pdf Download (950kB) |
|
Text
932600919_bab1.pdf Download (452kB) |
|
Text
932600919_bab2.pdf Download (408kB) |
|
Text
932600919_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
Text
932600919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932600919_bab5.pdf Download (301kB) |
|
Text
932600919_daftarpustaka.pdf Download (308kB) |
|
Text
932600919_suratpernyataan.pdf Download (200kB) |
Abstract
Fera Yuhana Fitri Dwi Sudarnanik, Dosen Pembimbing Novi Rosita Rahmawati, M.Pd, dan Aulia Rohmawati, M.Pd, MHI, Pengembangan Media Puzzle ASEAN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Materi ASEAN Kelas VI Semester 2 Di MI Nurul Islam Bareng Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Puzzle ASEAN, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan salah satu standart mutu pendidikan dan sering kali diukur dengan tercapai keberhasilan tujuan. Hasil belajar adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antar siswa maupun antara siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu baik kognitif, afektif maupun psikomotorik yang dicapai atau dikuasai peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media Puzzle ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi ASEAN kelas VI Semester 2 Di MI Nurul Islam Bareng Jombang, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi ASEAN kelas VI Semester 2 di MI Nurul Islam Bareng Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Media pembelajaran berupa media puzzle ASEAN dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi ASEAN kelas VI MI Nurul Islam Bareng Jombang. Validator ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain media pembelajaran, ahli soal pretest posttest, ahli pembelajaran IPS, dan subjek uji coba pengguna produk 3 peserta didik. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VI MI Nurul Islam Bareng Jombang yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) 94% dan 100% dari ahli materi pembelajaran dikategorikan “Valid”, 88% dan 99% dari ahli desain media pembelajaran dikategorikan “Valid”, 92% dari ahli soal pretest posttest dikategorikan “Valid”, 100% dan 100% dari ahli pembelajaran IPS dikategorikan “Valid”, dan angket respon peserta didik diperoleh skor persentase 90% dikategorikan “Valid”. Hasil penelitian menunjukkan (2) yaitu berupa pretest dan posttest, data pretest menunjukkan rata-rata 46,5% dan data posttest menunjukkan rata-rata 81,5%. Maka penggunaan media pembelajaran berupa media puzzle ASEAN memperoleh hasil efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan terdapat pengaruh sesudah penggunaan media pembelajaran berupa media puzzle ASEAN dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fera Yuhana Fitri Dwi Sudarnanik |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 03:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9599 |
Actions (login required)
View Item |