Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Madrasah Qur’an Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Lamongan

Ningrum, Novita Rahma Dewi (2023) Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Madrasah Qur’an Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138419_prabab.pdf

Download (844kB)
[img] Text
932138419_bab1.pdf

Download (624kB)
[img] Text
932138419_bab2.pdf

Download (646kB)
[img] Text
932138419_bab3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932138419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
932138419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
932138419_bab6.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932138419_daftarpustaka.pdf

Download (396kB)
[img] Text
932138419_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (134kB)

Abstract

NINGRUM, NOVITA RAHMA DEWI. Dr. Hj. Najahah, M.Ag. dan Nurul Ahsin, M.Pd.I. Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Putri Di Madrasah Qur’an Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Lamongan. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melihat fenomena pendidikan al-Qur’an, saat ini kita menghadapi masa yang lebih sulit, dan sekarang mudah untuk menemukan anak-anak dan remaja muslim yang tidak bisa membaca al-Qur’an. Untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dapat dengan menggunakan metode Ummi pada pembelajaran pengajian al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Bagaimana implementasi metode Ummi di Madrasah Qur’an Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Lamongan?; (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukungnya?; (3) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an santri disana melalui penerapan Metode Ummi? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptiftif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat ini. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Lamongan. Narasumber diantaranya adalah kepala Madrasah Qur’an, pengajar metode ummi, dan santri. Teknik analisis data yang digunakan adalah milik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menggunakan gaya penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan empat cara, diantaranya; perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat dideskripsikan sebagai berikut; 1). Implementasi metode Ummi di madrasah qur’an pondok tersebut mengenalkan cara membaca al-Qur’an dengan cara tartil dan sesuai kaidah tajwid, target pencapaian belajar jilid 1 sampai jilid 3 di tempuh dalam waktu 6 bulan. 6 bulan selanjutnya belajar mengaji al-Qur’an juz 1-10, alokasi waktu kegiatan 1 jam pelajaran, kelas atau kelompok mengaji di bedakan sesuai kemampuan setiap santri. 2). Faktor pendukung pada implementasi metode ummi disana santri yang lulus munaqosyah mendapatkan sertifikat penghargaan dan syahadah, pada setiap tahunya diadakan program sertifikasi guru al-Qur’an metode ummi, santri wajib hafal juz’amma dan materi tajwid dan ghorib. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rasio guru tidak sebanding dengan jumlah murid. 3). Kemampuan membaca al-Qur’an santri menggunakan metode ummi mengalami peningkatan. Dari semua santri kelas 3 SLTP dan SLTA yang mengikuti ujian munaqasah sebanyak 628 terdapat 440 (70%) santri dinyatakan lulus dan berhak mendapat penghargaan dan syahadah. Sedangkan sisanya 188 (30%) santri dinyatakan tidak lulus dan tidak mendapat syahadah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novita Rahma Dewi Ningrum
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:19
Last Modified: 11 Aug 2023 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item