Arief, Muhammad firdansyah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas V MI Nurul Huda Krenceng Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932125519_Pra BAB .pdf Download (1MB) |
|
Text
932125519_BAB1.pdf Download (699kB) |
|
Text
932125519_BABII.pdf Download (550kB) |
|
Text
932125519_BABIII.pdf Download (867kB) |
|
Text
932125519_BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932125519_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Text
932125519_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text
2023_08_15_10_54_41.pdf Download (353kB) |
Abstract
Pendidik harus memiliki kemampuan menganalisis peserta didiknya dalam proses belajar mengajar, salah satunya untuk memperlancar kegiatan belajar, guru harus memilih media. Penggunaan media flashcard digital juga akan berdampak pada hasil belajar siswa, maka guru berperan penting dalam proses seleksi seperti halnya pada media flashcard digital. dimana dengan penggunaan media flashcard digital ini siswa lebih suka belajar khususnya belajar membaca Al Qur’an. Tujuan daripada pengembangan media pembelajaran ini adalah menghasilkan produk yang berkualitas guna meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada siswa kelas V MI Nurul Huda Krenceng Kabupaten Blitar. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam mengembangkan media flashcard digital adalah menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan pengembangan sebagai berikut (Analysis. Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Huda Krenceng Kabupaten Blitar, dengan jumlah 24 peserta didik. Uji kelompok kecil dilaksanakan dengan jumlah 5 orang sedangkan kelompok besar 24 orang. Hasil Penelitian: 1) Pengembangan media belajar flashcards digital pada pelajaran Al-Quran Hadist dimana dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari validator ahli media dan ahli materi untuk menilai kelayakan media berbasis flashcards digital pada materi Al-Humazah dan Al-Bayyinah. Setelah data validasi diperoleh, peneliti melakukan revisi berdasarkan kritik dan rekomendasi dari validator media dan materi. Persentase validitas ahli media sebesar 81,90 dengan kriteria yang sangat baik dan tidak perlu direvisi, dan persentase validitas ahli materi sebesar 88,89 dengan kriteria yang sangat baik dan tidak perlu direvisi. Selanjutnya hasil uji kelompok besar mendapat persentase 75.26 dengan tingkat kelayakan baik tidak perlu revisi, sedangkan untuk uji kelompok kecil mendapat persentase 78.77 dengan tingkat kelayakan baik tidak perlu revisi. Jadi bisa disimpulkan bahwa hasil yang didapat memiliki peningkatan akan tetapi tingkat keefektifannya rendah. 2) Selanjutnya peningkatan kemampuan membaca Al- Qur`an pada mata pelajaran Al- Qur`an Hadits terhadap pengembangan media flashcards digital mendapat hasil sebagai berikut, peneliti mengukur hasil belajar siswa dengan nilai pre-test dan post-test. Nilai rata-rata yang didapat dari uji pre- test yaitu 9,58 dan post-test 10,88. Dari hasil tersebut terdapat nilai N-gain 0,28 dengan tingkat kelayakan rendah. jika dihitung dengan N-gain (%) nilai yang didapat yaitu 27,90 dengan tafsiran tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Depositing User: | Muhammad Firdansyah Arief |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9573 |
Actions (login required)
View Item |