Muhamad, Sholikhul Mukmin (2015) Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106011-prabab.pdf Download (752kB) |
|
Text
932106011-bab1.pdf Download (474kB) |
|
Text
932106011-bab2.pdf Download (520kB) |
|
Text
932106011-bab3.pdf Download (330kB) |
|
Text
932106011-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
932106011-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
932106011-bab6.pdf Download (266kB) |
|
Text
932106011-daftar pustaka.pdf Download (374kB) |
|
Text
932106011-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberi pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan. Kurikulum yang baik harus selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Awal penerpan kurikulum baru pasti ada beberapa problem dikarenakan membutuhkan penyesuaian kurikulum yang lama. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Kediri?, 2) Problem apa sajakah yang di hadapi dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri?, 3) Bagaimana untuk mengatasi problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri?. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Kediri sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa masalah. Hal ini dapat dilihat dari rencana, proses belajar mengajar, dan evaluasi yang sesuai dengan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 2) Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri meliputi penyesuaiannya kurikulum lama ke kurikulum 2013, terlambatnya disribusi buku kurikulum 2013 baik buku guru maupun buku siswa, rumitnya penilaian dalam kurikulum 2013, dan minimnya sarana dan prasarana dalam menunjang penerapan kurikulum 2013. 3) Bagaimana untuk mengatasi problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Kediri, Sesuai dengan petunjuk Diknas, Menambah pemahaman mengenai kurikulum 2013 melalui forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), Pelatihan bagi bapak ibu guru, Perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan silabus, Menganalisis pengalaman siswa. berkordinasi dengan diknas, memfotocopi buku bagi siswa. langsung menilai hasilnya apa langsung di dokumentasikan, memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah yang ada, dan berkordinasi dengan waka sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 02:55 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 02:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/957 |
Actions (login required)
View Item |