Robi'ah, Zuhria Ulfa (2023) Efektifitas Media Poster Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MI MIFTAHUL FALAAH Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932605718_prabab.pdf Download (971kB) |
|
Text
932605718_bab1.pdf Download (840kB) |
|
Text
932605718_bab2.pdf Download (911kB) |
|
Text
932605718_bab3.pdf Download (930kB) |
|
Text
932605718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932605718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
Text
932605718_bab6.pdf Download (691kB) |
|
Text
932605718_daftarpustaka.pdf Download (756kB) |
|
Text
932605718_sp.pdf Download (361kB) |
Abstract
Salah satu untuk memperlancar proses pembelajaran, pendidik harus menggunakan media pembelajaran yang tepat saat proses belajar mengajar. Karena media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan. Sehingga membantu mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan mengetahui seberapa efektif penggunaan media poster untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif statistik deskriptif dengan desain quasi experiment. Penelitian dilakukan di MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode angket. Populasi penelitian ini adalah 69 siswa kelas IV MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang terdiri dari kelas IV-A sebagai kelas Eksperimen yang jumlah siswanya 24 dan kelas IV-B sebagai kelas Kontrol memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 24. Adapun hasil uji validitas instrumen dikatakan valid jika nilai rhitung > rtabel. Untuk reliabilitas dengan nilai 0,928 > 0,6. Maka angket dikatakan reliabel. Selanjutnya peneliti melakukan uji normalitas terlebih dahulu. Setelah data penelitian berdistribusi normal peneliti melanjutkan analisis data dengan menggunakan uji independent sampel t-test menggunakan IBM SPSS versi 20. Diketahui bahwa nilai Signifikansi (2-tailed) = 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima maka terdapat keefektifitasan penggunaan media poster sebagai media pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitiian ini mengungkapkan pembelajaran dengan menggunakan media poster efektif atau dapat mencapai target untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam kelas IV di MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zuhria Ulfa Robi'ah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9565 |
Actions (login required)
View Item |