Khasanah, Arin Uswatun (2015) Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932105711-prabab.pdf Download (767kB) |
|
Text
932105711-bab1.pdf Download (392kB) |
|
Text
932105711-bab2.pdf Download (480kB) |
|
Text
932105711-bab3.pdf Download (419kB) |
|
Text
932105711-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
932105711-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
932105711-bab6.pdf Download (256kB) |
|
Text
932105711-Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia, berbagai permasalahan hanya dapat di pecahkan dengan upaya penguasaan dan peningkatan mutu ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain bermanfaat bagi kehidupan di satu sisi, perubahan tersebut juga telah membawa manusia kedalam era persaingan global yang semakin ketat. Menghadapi hal tersebut, perlu di lakukan penataan terhadap system pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Fokus penelitian adalah: (1) Problem apa sajakah yang dihadapi sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP N 8 Kediri? (2)Bagaimana solusi sekolah dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum 2013 di SMP N 8 Kediri ? Tujuan penelitian adalah: (1)Untuk mengetahui permasalahan apa sajakah yang dihadapi sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP N 8 Kediri.(2)Untuk mengetahui solusi yang digunakan dalam menghadapi problematika implementasi kurikulum 2013 di SMP N 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.. Metode mengumpulkan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dipilah-pilah sesuai dengan data yang diperlukan dan dianalisis untuk disajikan dalam bentuk skripsi. Analisis data: Reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan atau sajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion). Pengecekkan keabsahan data: Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat permasalahan dalam penerapan kurikulum 2013 di SMPN 8 Kediri, yakini: banyaknya siswa yang tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, serta terlalu banyaknya penilaian pada kurikulum 2013 sehingga menjadi rumit (2) solusi dalam menghadapi problematika pada proses implementasi kurikulum 2013 di SMPN 8 Kediri adalah: dengan memberikan metode pembelajaran yang berragam sesuai dengan materi pembelajaran, selain itu untuk mengatasi permasalahan rumitnya penilaian yang harus diberikan kepada siswa adalah dengan berdiskusi di forum MGMP serta berdiskusi dengan teman sejawat sesame guru di SMPN 8 Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 02:49 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 02:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/956 |
Actions (login required)
View Item |