Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Aksara Jawa Di Kelas V MI Terpadu Kh Ahmad Dahlan Kabupaten Nganjuk

Mufida, Fina Nidaul (2023) Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Aksara Jawa Di Kelas V MI Terpadu Kh Ahmad Dahlan Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602919_prabab.pdf

Download (690kB)
[img] Text
932602919_bab1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932602919_bab2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932602919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932602919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932602919_bab5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932602919_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932602919_sp.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat belajar peserta didik, khususnya pada materi aksara jawa, seperti yang kita ketahui bahwa pelajaran aksara jawa merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan minat belajar. Untuk memilih media yang tepat, perlu mempertimbangkan berbagai landasan agar media yang dipilih benar-benar sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan berfikir logis pada peserta didik. Berdasarkan latar belakang maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media puzzle untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran aksara jawa dan mengetahui efektifitas media puzzle dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Researh And Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analyze, design, development, implementation, evaluation. Untuk mengetahui produk maka dilakukan uji ahli validasi media, validasi ahli materi, dan uji validasi ahli angket sebagai instrumen penelitian. Adapun hasil penilaianya dianalisis dengan menggunakan skala likert. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan poduk berupa media puzzle. Kriteria penilaian oleh para ahli yaitu ahli media I 77% dan ahlimedia II 82% dengan kriteria “valid” sedangkan ahli materi I diperoleh penilaian 90% dan ahli materi II 90% dengan kriteria “sangat valid”, uji ahli angket mendapatkan nilai kelayakan sebesar 85% dengan kriteria “valid”. Pada tahapan uji coba kelompok kecil responden peserta didik mendapatkan nilai kelayakan sebesar 88% ”sangat valid”. Tahapan terakhir Uji Coba kelompok besar dengan nilai kelayakan 91% “sangat valid”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fina Nidaul Mufida
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:46
Last Modified: 11 Aug 2023 07:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9556

Actions (login required)

View Item View Item