Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri

Wijayanti, Dinda (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602419-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932602419_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932602419_bab2.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932602419_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
932602419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932602419_bab5.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932602419_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (72kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Media pembelajaran kotak ilmu dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya media pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain dan menguji kelayakan media pembelajaran Kotak Ilmu pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Ngronggo 5 Kota Kediri. Jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini adalah menggunakan R&D (Researh and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 94%, sedangkan hasil validasi materi dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 84% dan 88%. (2) Hasil uji coba lapangan diperoleh nilai hasil one group pretest posttestpada pretest di uji coba rata-ratanya 45.54. Sedangkan posttest nilai rata-ratanya sebesar 87.50. Maka penggunaan media pembelajaran kotak ilmu memperoleh hasil efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Hasil uji coba menggunakan uji-t paired sample test diketahui bahwa t hitung adalah -16,981 dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media kotak ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130104 Kura Kaupapa Maori (Maori Primary Education)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Wijayanti
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:12
Last Modified: 11 Aug 2023 06:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9546

Actions (login required)

View Item View Item