Strategi guru al-qur'an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur'an siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri

Azkiyah, Widdatul (2023) Strategi guru al-qur'an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur'an siswa kelas VIII di MTsN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932123519_bab1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
932123519_bab2.pdf

Download (719kB)
[img] Text
932123519_bab3.pdf

Download (501kB)
[img] Text
932123519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
932123519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
932123519_bab6.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932123519_datarpustaka.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932123519_lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang pertama. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia menuju jalan yang lurus di dunia dan akhirat serta akan menjadi pahala baik bagi yang membaca atau mendengarnya. Namun pada kenyataannya tidak terkecuali di MTsN 7 Kediri masih tedapat beberapa siswa yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk memahami faktor penyebab kesulitan membaca alQur’an siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri, 2) Untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan guru al-Qur’an hadis untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari informan guru al-Qur'an hadis, waka kurikulum dan siswa, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan membaca al-Qur’an pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal di antaranya: 1) Kemampuan dasar siswa dalam memahami pelajaran, 2) Kurangnya latihan dalam membaca al-Qur’an. Faktor eksternal di antaranya: 1) Pendidikan yang ditempuh sebelumnya oleh siswa (SD atau MI), 2) Kurangnya dukungan dari keluarga dalam pembelajaran al-Qur’an khususnya orang tua. Dalam hal ini guru al-Qur'an hadis menggunakan beberapa strategi dalam mengatasinya, di antaranya yaitu : 1) Tutor sebaya, 2) Drill, 3) Penugasan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widdatul Azkiyah
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:00
Last Modified: 12 Oct 2023 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9532

Actions (login required)

View Item View Item