Izzati, Alnasikha Nurul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Fabel Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Adaptasi Hewan Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas VI MI Bahrul Ulum Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932606119_prabab.pdf Download (774kB) |
|
Text
932606119_bab1.pdf Download (448kB) |
|
Text
932606119_bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
932606119_bab3.pdf Download (655kB) |
|
Text
932606119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932606119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
932606119_bab6.pdf Download (156kB) |
|
Text
932606119_datarpustaka.pdf Download (228kB) |
|
Text
932606119_sp.pdf Download (179kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kebutuhan siswa akan pembelajaran interaktif dan menarik, untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik siswa membutuhkan perangkat penunjang yang lain yaitu sebuah media pembelajaran. Penggunaan media yang menarik dan interaktif sangat membantu siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku fabel interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa materi adaptasi hewan pada mata pelajaran tematik kelas VI MI Bahrul Ulum Semen Kediri dan menguji efektivitas pengembangan media pembelajaran buku fabel interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa materi adaptasi hewan pada mata pelajaran tematik kelas VI MI Bahrul Ulum Semen Kediri. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model plomp. Model pengembangan dan penelitian plomp memiliki tahapan berupa: Prelimenery investigation yaitu berupa investigasi awal, pada tahap ini peneliti melakukan studi pendahuuan untuk mencari masalah. Design pada tahap ini peneliti mulai mengembangkan desain media pembelajaran. Construction pada tahap ini peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Buku Fabel Interaktif Satria Satwa Penyelamat Rimba. Test evaluation revision pada tahap ini peneliti menyelesaikan produk pengembangan dan melakukan uji kelayakan serta revisi produk, and Implementation pada fase ini peneliti melakukan uji coba produk yang dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran buku fabel interaktif menggunakan model penelitian dan pengembangan plomp, tahapannya meliputi prelimenery investigation, design, construction, test evaluation revision, and implementation. Pengembangan media pembelajaran ini juga melewati uji kelayakan yaitu validasi materi kepada validator 1 mendapat 95,3% dan validator 2 mendapatkan hasil presentase 86,1%. Sedangkan ahli media memperoleh hasil presentase sebanyak 91,4%. Dan ahli bahasa memperoleh hasil presentase sebanyak 80%. Dari keempat validator mendapatkan hasil yang sangat valid dan efektivitas pengembangan media pembelajaran buku fabel interaktif berfokus untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI MI Bahrul Ulum terlihat dari hasil nalisis sangket minat belajar serta hasil nilai pre test dan post test. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan kenaikan signifikan presentase minat belajar siswa sebanyak 37%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis pre test dan post test setelah penggunaan media pembelajaran diketahui mendapat skor NGain dengan kenaikan presentase sejumlah 33,2%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alnasikha Nurul Izzati |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9526 |
Actions (login required)
View Item |