Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Kota Kediri

Nada, Silvia Labiba Qothrun (2023) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120819_PRABAB.pdf

Download (877kB)
[img] Text
932120819_BAB1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932120819_BAB2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932120819_BAB3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932120819_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
932120819_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
932120819_BAB6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932120819_DAFTARRUJUKAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932120819_LAMPIRANLAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932120819_sp.pdf

Download (324kB)

Abstract

ABSTRAK SILVIA LABIBA QOTHRUN NADA Dosen Pembimbing Dr.Iskandar Tsani, M.Ag. dan Ibu Maimunatun Habibah, M.Pd.I, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Evaluasi, Pelaksanaan Pembelajaran, Mapel PAI Dengan adanya Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Kota Kediri menjadi tahap awal memberikan pendidikan yang mencakup dasar-dasar agama dari perspektif budaya dan sejarah. Beberapa alasan yang menjadikan pentingnya pendidikan agama di sekolah umum di antaranya adalah basic keluarga yang minim ilmu agama, mayoritas masyarakat yang beragama islam, dan rendahnya minat belajar siswa terhadap pendidikan agama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) evaluasi terhadap need assement pelaksanaan pembelajaran mapel PAI, 2) evaluasi terhadap program planning pelaksanaan pembelajaran mapel PAI, 3) evaluasi terhadap formative evaluation pelaksanaan pembelajaran mapel PAI, 4) evaluasi terhadap summative evaluation pelaksanaan pembelajaran mapel PAI. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi, dengan model formatif-sumatif yang dipopulerkan oleh Michael Scriven. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah lengkap kemudian divalidasi dengan dilakukan triangulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi terhadap terhadap need assement pelaksanaan pembelajaran mapel PAI menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya mempunyai persiapan dan pertimbangan yang jelas. 2) hasil evaluasi terhadap program planning pelaksanaan pembelajaran mapel PAI menunjukkan bahwa penentuan perencanaan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang baik. 3) hasil evaluasi terhadap formative evaluation pelaksanaan pembelajaran mapel PAI menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan diskusi, yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran mapel pai yaitu beberapa sikap atau perilaku siswa dan juga beberapa sarana dan prasarana yang masih dalam proses perbaikan. 4) hasil evaluasi terhadap summative evaluation pelaksanaan pembelajaran mapel PAI menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 7 Kota Kediri sudah mencapai target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SILVIA LABIBA QOTHRUN NADA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:13
Last Modified: 11 Aug 2023 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9524

Actions (login required)

View Item View Item