Roifah, Septya Evifatur (2023) Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Pemahaman Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 3 Banjaranyar Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604019_prabab.pdf Download (551kB) |
|
Text
932604019_bab1.pdf Download (476kB) |
|
Text
932604019_bab2.pdf Download (462kB) |
|
Text
932604019_bab3.pdf Download (508kB) |
|
Text
932604019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
Text
932604019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
932604019_bab6.pdf Download (387kB) |
|
Text
932604019_daftarpustaka.pdf Download (320kB) |
|
Text
932604019_sp.pdf Download (369kB) |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi menjadi salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berhubungan dengan keseharian. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik masih tergolong rendah. Menurut wali kelas V SDN 3 Banjaranyar, rendahnya kemampuan literasi numerasi itu disebabkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi matematika yang diajarkan ketika pelaksanaan pembelajaran secara daring (online). Ketika pembelajaran daring, pendidik tidak bisa mengawasi dan mengontrol kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di rumah secara langsung dan intensif. Sehingga, ketika peserta didik diberikan soal mengenai matematika, mereka menjadi tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, terutama pada soal yang berbasis literasi numerasi. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik masih belum bisa memahami konsep-konsep matematika yang berkaitan dengan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar Kabupaten Nganjuk, 2) pemahaman matematika peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar Kabupaten Nganjuk, dan 3) hubungan antara kemampuan literasi numerasi dengan pemahaman matematika peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan sampel jenuh, yang artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel, yaitu 31 peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar. Variabel yang diteliti pada penelitian ini ada dua, yaitu kemampuan literasi numerasi (X) dan pemahaman matematika (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil perhitungan analisis data dan hipotesis yang diajukan antara lain: (1) Kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar tergolong rendah dengan nilai rata-rata 52,26. (2) Pemahaman matematika peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar tergolong sedang dengan nilai rata-rata 71,94. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi numerasi dengan pemahaman matematika peserta didik kelas V SDN 3 Banjaranyar dengan nilai signifikansi 0,000 dan rhitung 0,609.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Septya Evifatur Rofiah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9508 |
Actions (login required)
View Item |