Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD NU INSAN CENDEKIA Ngadiluwih Kediri

Hasya, Salsabila Aida (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD NU INSAN CENDEKIA Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932606019_bab1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932606019_bab2.pdf

Download (651kB)
[img] Text
932606019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
932606019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932606019_bab5.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932606019_daftarpustaka.pdf

Download (428kB)

Abstract

Pendidikan IPS telah menjadi pelajaran wajib di Sekolah Dasar. Pada kurikulum merdeka yang sudah mulai diterapkan pada Pendidikan di Indonesia saat ini, IPA dan IPS dileburkan menjadi satu mata pelajaran yaitu IPAS. Tujuan dari pembelajaran IPS di SD/MI adalah membuat peserta didik memiliki keterampilan sosial entah dilingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat dan memiliki kemampuan dasar untuk berfikir secara logis dan kritis, memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi pada penelitian dan pengembangan ini dimaksudkan untuk memenuhi ketersediaan buku ajar . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu: Analysis, Design, Development,dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri, dengan subjek penelitian kelas IV Shofa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV Makah sebagai kelompok kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi, 2) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi, 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri setelah menggunakan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada materi kegiatan ekonomi. Hasil validasi produk bahan ajar dari ahli materi 1 didapatkan skor Dari hasil validasi oleh ahli materi I mendapatkan skor 95% yang berarti berada pada kualifikasi valid, ahli materi II mendapatkan skor sebesar 75% yang berarti berada pada kualifikasi cukup valid, ahli desain bahan ajar mendapatkan skor 75% yang berarti berada pada kualifikasi cukup valid, dan dari ahli pembelajaran mendapatkan skor sebesar 85% yang berarti berada pada kualifikasi valid. Hasil penilaian angket pada uji kelompok kecil didapatkan skor 93% yang artinya valid dan penilian angket pada uji kelompok besar didapatkan skor sebesar 94% yang artinya valid. Hasil analisis data menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, yaitu pada post test I thitung = 8,360, pada post test II thitung = 9,272 dan ttabel = 2,069 . Taraf signifikansi pada post test I = 0,588 ≥ 0,05, pada post test II = 0, 463 ≥ 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya, pembelajaran dengan produk yang dikembangkan dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salsabila AIda Hasya
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:51
Last Modified: 09 Aug 2023 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item