Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa

Maulida, Fitriana Ika (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307619_prabab.pdf

Download (670kB)
[img] Text
932307619_bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932307619_bab2.pdf

Download (618kB)
[img] Text
932307619_bab3.pdf

Download (796kB)
[img] Text
932307619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
932307619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
932307619_bab6.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932307619_daftarpustaka.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932307619_suratpernyataan.pdf

Download (192kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran dimana dalam menerapkannya siswa diberikan permasalahan, kemudian siswa memecahkan masalah yang tentunya berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan metode penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design) melalui desain Non equivalent Control Group Design. Analisis data penelitian menggunakan Uji Anova satu jalur dilanjutkan dengan Uji One Sample T-Test. Penelitian ini memperoleh sumber data dari seluruh siswa di MTs Al-Amien kelas VII-A sebanyak 40 siswa dan VII-B sebanyak 37 siswa, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa kuesioner minat belajar, observasi aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran, dan dokumentasi proses pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 64,5135 dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata minat belajar matematika siswa kelas kontrol sebesar 58,2250 dengan kategori kurang baik. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan rata-rata minat belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Fitriana Ika Maulida
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:43
Last Modified: 09 Aug 2023 07:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item