Cahyani, Marceria Dwi (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X pada Materi Statistika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307019_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307019_bab1.pdf Download (244kB) |
|
Text
932307019_bab2.pdf Download (400kB) |
|
Text
932307019_bab3.pdf Download (274kB) |
|
Text
932307019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
932307019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text
932307019_bab6.pdf Download (125kB) |
|
Text
932307019_daftarpustaka.pdf Download (182kB) |
|
Text
932307019_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
|
Text
932307019_sp.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi Statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Jumlah sampel sebanyak 2 kelas, kelas eksperimen (X-10) sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol (X-9) sebanyak 26 siswa. Instrumen penelitian adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi sebagai pendukung untuk mengamati tindakan siswa. Instumen tes terdiri dari pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 4 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan Kegiatan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi Statistika terlaksana dengan baik pada kelas eksperimen. Hasil pretest kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 69,27. Hasil pretest kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 69,56. Hasil posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,46. Hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87,09. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) uji mann-whitney pada soal pretest adalah sebesar 0,943>0,05 artinya tidak ada perbedaan nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) uji mann-whitney pada soal posttest adalah sebesar 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan nilai posttest (hasil belajar siswa) pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji effect size cohen, diperoleh nilai effect size (η^2) sebesar 0,25493586 yang termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi statistika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory (Teori Statistik) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Merceria Dwi Cahyani |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:52 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9462 |
Actions (login required)
View Item |