Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X pada Materi Statistika

Cahyani, Marceria Dwi (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X pada Materi Statistika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307019_bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932307019_bab2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932307019_bab3.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932307019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
932307019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932307019_bab6.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932307019_daftarpustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932307019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
[img] Text
932307019_sp.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi Statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Jumlah sampel sebanyak 2 kelas, kelas eksperimen (X-10) sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol (X-9) sebanyak 26 siswa. Instrumen penelitian adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi sebagai pendukung untuk mengamati tindakan siswa. Instumen tes terdiri dari pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 4 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan Kegiatan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi Statistika terlaksana dengan baik pada kelas eksperimen. Hasil pretest kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 69,27. Hasil pretest kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 69,56. Hasil posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,46. Hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87,09. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) uji mann-whitney pada soal pretest adalah sebesar 0,943>0,05 artinya tidak ada perbedaan nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) uji mann-whitney pada soal posttest adalah sebesar 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan nilai posttest (hasil belajar siswa) pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji effect size cohen, diperoleh nilai effect size (η^2) sebesar 0,25493586 yang termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi statistika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory (Teori Statistik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Merceria Dwi Cahyani
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:52
Last Modified: 08 Aug 2023 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item