Hada, Kharisma Lisa (2023) Board Game "Magic Shop" Sebagai Media dalam Setting Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mencapai Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932306719_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932306719_bab1.pdf Download (222kB) |
|
Text
932306719_bab2.pdf Download (225kB) |
|
Text
932306719_bab3.pdf Download (276kB) |
|
Text
932306719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932306719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
932306719_daftarpustaka.pdf Download (153kB) |
|
Text
932306719_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
Text
932306719_suratpernyataan.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian tentang pengembangan media “magic shop” dilatarbelakangi oleh hasil tes siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar pada materi aritmatika yang tergolong rendah. Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah tersebut masih menggunakan media dan model pembelajaran sederhana serta mengandalkan buku LKS saja yang membuat siswa mudah bosan serta kurang dalam berlatih soal. Oleh karena itu, dikembangkan media board game “magic shop” dalam setting pembelajaran problem based learning dengan tujuan untuk menginovasi media belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi di sekolah tersebut. Selain itu, media yang dikembangkan akan ditinjau berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 8 siswa kelas VII-I, 34 siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen, dan 31 siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Seluruh subjek penelitian merupakan siswa di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media “magic shop” ditinjau berdasarkan aspek materi diperoleh rata-rata skor 77,5 yang termasuk kategori valid, dari segi media diperoleh skor rata-rata 86,5 dengan kategori sangat valid, dan validasi instrumen tes diperoleh skor rata-rata 75 dengan kategori valid. Berdasarkan aspek kepraktisan media “magic shop” diperoleh rata-rata skor 86,5 yang termasuk kategori sangat praktis, serta respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 84,6% pada uji coba skala kecil dan diperoleh skor rata-rata 88,3% dari uji coba skala besar yang termasuk kriteria sangat praktis. Sedangkan aspek keefektifan, skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 76,13 dan kelas eksperimen sebesar 80,15 sedangkan kelas kontrol sebesar 63,29. Berikutnya berdasarkan kemampuan pemecahan masalah siswa, diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 79% dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 63% dengan kategori rendah sehingga media dikatakan efektif. Selain itu, dilakukan uji non-parametrik Mann Whitney U untuk mengetahui perbedaan rerata hasil tes dan diperoleh hasil nilai Sig. sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran pengembangan lebih lanjut oleh peneliti yaitu menggunakan materi dan model pembelajaran lain berbasis kooperatif sebagai inovasi pengembangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan) 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Kharisma Lisa Hada |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:52 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9460 |
Actions (login required)
View Item |