Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Di Kelas XI MIPA 3 Ma Ma'arif Udanawu Blitar

Istikarani, Istikarani (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Di Kelas XI MIPA 3 Ma Ma'arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101319_bab1.pdf

Download (507kB)
[img] Text
932101319_bab2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932101319_bab2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932101319_bab3.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932101319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
932101319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
932101319_bab6.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932101319_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932101319_daftarpustaka.pdf

Download (428kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus diterima oleh masyarakat Indonesia,pendidikan ini memiliki banyak sekali tujuan salah satu tujuannya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan tetapi fenomena yang terjadi pada akhir-akhir ini dalam dunia pendidikan adalah banyak sekali siswa yang kurang bersemangat, kurang motivasi serta kurang bertanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran karena beberapa alasan seperti bermain sendiri, tidur, sibuk sendiri, mengganggu temannya, metode yang kurang tepat dan lain sebagainya, apalagi di era setelah pandemi yang harus melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat. Dengan adanya masalah tersebut menyebabkan kemandirian belajar siswa yang berkurang. Oleh karena itu peneliti dan guru kelas melaksanakan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Jigsaw. Metode Jigsaw merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan dua kelompok, kelompok asal dan kelompok ahli, siswa dari kelompok asal diberikan materi yang berbeda�beda antara satu dengan yang lain kemudian siswa yang mendapatkan materi yang sama akan berkumpul menjadi satu yang disebut dengan kelompok ahli siswa berdiskusi dalam kelompok ahli untukmendiskusikan materi yang didapatkan kemudian kembali ke kelompok asalnya dan mempresentasikan hasil diskusinya. Slavin Eggen dan Kauchak mengemukakan bahwa “Fase mengumpulkan informasi pada metode Jigsaw dapat membantu siswa menjadi mandiri”. Dengan dilaksanakan metode Jigsaw dalam pembelajaran ini peneliti mengharapkan siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam pelaksanaan pembelajaran karena metode Jigsaw ini memberikan siswa rasa tanggung jawab karena masing-masing siswa menjadi kelompok ahli dan bertanggung jawab atas materi yang dibawakannya serta menumbuhkan rasa motivasi,semangat, dan kemandirian karena siswa bisa berdiskusi secara aktif dengan teman-teman kelompoknya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar siswa sebelum dilaksanakan metode Jigsaw atau pra siklus memperoleh presentase 71%, siklus I memperoleh presentase 80%, siklus II memperoleh presentase 87%. Dalam ranah pengetahuan siklus I memperoleh nilai rata-rata 81,8, siklus II memperoleh nila rata�rata 88,4. Dalam ranah sikap dan keterampilan siswa juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan sikap siswa dan keterampilan siswa yang semakin baik antara siklus I sampai siklus II. Penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan kemandiriran belajar siswa kelas XI MIPA 3 MA Ma’arif Udanawu Blitar. Memberikan hasil yang sangat baik terhadap proses pembelajaran dan dapat dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan kemndiriran belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist serta dapat dijadikan metode pembelajaran untuk mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Istikarani Istikarani
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:30
Last Modified: 09 Aug 2023 07:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item