Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kepemimpinan Abu Bakar As Siddiq Pada Siswa Kelas VII Di MTs Syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul

Susanti, Mei Rahmawati (2023) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kepemimpinan Abu Bakar As Siddiq Pada Siswa Kelas VII Di MTs Syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122619_prabab.pdf

Download (853kB)
[img] Text
932122619_bab1.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932122619_bab2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
932122619_bab3.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932122619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
932122619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
932122619_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932122619_daftarpustaka.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932122619_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932122619_lembarpublikasi.pdf

Download (331kB)

Abstract

Adapun fokus penelitian ini mencakup (1)Bagaimanakah strategi moral knowing yang digunkan guru secara afektif dalam menumbuhkan nilai kepemimpinan abu bakar as siddiq pada siswa kelas tujuh di MTs syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul.(2) Bagaimanakah strategi modelling yang digunkan guru secara afektif dalam menumbuhkan nilai kepemimpinan abu bakar as siddiq pada siswa kelas tujuh di MTs syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul. (3) Bagaimanakah strategi moral feeling and loving yang digunkan guru secara afektif dalam menumbuhkan nilai kepemimpinan abu bakar as siddiq pada siswa kelas tujuh di MTs syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan memperoleh data dari guru sejarah kebudayaan islam, kepala sekolah, waka kesiswaan dan siswa kelas tujuh di MTs Syamsul Huda Dusun Santren Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan (1) Guru menggunakan strategi moral knowing memberikan pengetahuan pemahaman nilai karakter melalui kegiatan memimpin diskusi, memimpin kelas, menjadi ketua kelas, serta membuat jadwal piket. (2) Guru menggunakan strategi modeling dengan memberkan contoh perkataan dan perbuatan seperti meminta izin ketika ada keperluan, disiplin masuk kelas, berpakaian rapi, bersalaman dengan tangan kanan, dan berdzikir. (3) Guru menggunakan strategi moral feeling and loving dengan memberikan motivasi, membentuk pola pikir dan tidak membeda-bedakan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Metrahmawti Susanti
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:44
Last Modified: 07 Aug 2023 07:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9451

Actions (login required)

View Item View Item