Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Perilaku Sopan Santun Melalui Interaksi Teman Sebaya pada Remaja Desa Bulubrangsi Kabupaten Lamongan

Ibrizah, Ibrizah (2023) Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Perilaku Sopan Santun Melalui Interaksi Teman Sebaya pada Remaja Desa Bulubrangsi Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933518019_prabab.pdf

Download (813kB)
[img] Text
933518019_bab1.pdf

Download (634kB)
[img] Text
933518019_bab2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
933518019_bab3.pdf

Download (587kB)
[img] Text
933518019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
933518019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
933518019_bab6.pdf

Download (17kB)
[img] Text
933518019_daftarpustaka.pdf

Download (300kB)
[img] Text
933518019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933518019_pernyataanpublikasi.pdf

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK IBRIZAH, Dosen Pembimbing DR. PRIMA AYU RIZQI MAHANANI, M.SI dan Dr. TRIMURTI NINGTYAS, M.KP., Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Perilaku Sopan Santun Melalui Interaksi Teman Sebaya pada Remaja Desa Bulubrangsi Kabupaten Lamongan, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Penggunaan Tiktok, Perilaku Sopan Santun, Interaksi Teman Sebaya. Di era globalisasi, teknologi terbaru semakin berkembang sangat pesat. Berbagai media sosial bermunculan tidak terkecuali media sosial tiktok. Media sosial tiktok ini digunakan mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Media sosial tiktok ini menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku. Perubahan perilaku, yang terjadi bisa juga tidak disebabkan oleh pengaruh media, melainkan bisa melalui faktor lain salah satunya adalah interaksi teman sebaya. Teori terpaan media menyatakan bahwa media mampu memberikan dampak yang dalam bagi penontonnya. Dalam perkembangannya disempurnakan oleh teori keterbukaan selektif, dimana teori keterbukaan selektif mengatakan bahwa media tidak dapat berpengaruh langsung terhadap perubahan perilaku, melainkan ada variabel lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dimana peneliti mendapatkan informasi melalui kuesioner pada 76 responden remaja Desa Bulubrangsi Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini adalah: (1) hipotesis pertama, terdapat pengaruh secara positif antara variabel X dengan variabel Z dengan nilai t hitung > t tabel (1,567 > 0,1293). Kemudian, dilihat dari hasil analisis interpretasi jalur dihasilkan nilai sebesar 0,179 dan nilai R square sebesar 0,032, (2) hipotesis kedua, terdapat pengaruh secara negatif antara variabel Z dengan variabel Y dengan nilai t hitung > t tabel (-1,714 > 0,1293). Kemudian, dilihat dari hasil analisis interpretasi jalur dihasilkan nilai sebesar 0,195 dan nilai R square sebesar 0,038, (3) selanjutnya, pada hipotesis ketiga, dilihat dari perhitungan interpretasi analisis jalur diketahui pengaruh langsung penggunaan tiktok terhadap perilaku sopan santun sejumlah 0,441, dan untuk pengaruh tidak langsung penggunaan tiktok terhadap perilaku sopan santun melalui interaksi teman sebaya sebesar 0,03. Maka, hasil tersebut memiliki arti bahwa pengaruh secara tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh secara langsung. Dari hasil interpretasi analisis jalur tersebut, untuk sumbangsi penggunaan tiktok terhadap perilaku sopan santun secara langsung sebesar 47,1%. Jadi, ada 52,9% yang dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ibrizah Ibrizah
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:37
Last Modified: 09 Aug 2023 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9438

Actions (login required)

View Item View Item