Peran Budaya Religius Madrasah Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTSN 1 Nganjuk

Setiobudi, M Fajar (2023) Peran Budaya Religius Madrasah Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTSN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130119_prabab.pdf

Download (903kB)
[img] Text
932130119_bab1.pdf

Download (498kB)
[img] Text
932130119_bab2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932130119_bab3.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932130119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
932130119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
932130119_bab6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932130119_daftar_pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932130119_sp.pdf

Download (388kB)

Abstract

M.FAJAR SETIOBUDI, Dosen Pembimbing Dr.H. Syamsul Huda, M.Ag. dan Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I, Peran Budaya Religius Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MTsN 1 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Budaya Religius dan Kecerdasan Emosional Peran budaya religius madrasah merupkan salah satu terwujudnya nilai-nilai ajaran agama sebagai suatu kebiasaan dalam berperilaku dan berorganisasi yang diikuti seluruh warga madrasah. Selain pembelajaran yang dilakukan didalam kelas, peserta didik juga membutuhkan pendidikan nilai-nilai religius di luar kelas melalui penurutan, peniruan, penganutuan dan penataan untuk membentuk sikap emosi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan budaya religius yang ada di MTsN 1 Nganjuk; (2) Untuk mendeskripsikan peran budaya religius madrasah yang diimplementasikan di MTsN 1 Nganjuk; (3)Untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional yang terbentuk dari peran budaya religius madrasah di MTsN 1 Nganjuk; Dalam mengungkapkan dan membahas fenomena ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran budaya religius madrasah dalam membentuk kecerdasan emosional di MTsN 1 Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini merupakan seluruh warga madrasah yang terkait. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketentuan pengamatan, trianggulasi dan pemeriksaan sejawat Hasil Penelitian yang diperoleh ini menunjukkan bahwa: (1) budaya religius di MTsN 1 Nganjuk, melalui perilaku 3S (senyum, salam dan sapa), mengerjakan shalat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca dan menghafal Al-qur’an, kamis berkah, khataman setiap kamis pon, lomba-lomba Islami, memperingati hari besar Islam seperti isthighosah bersama di pendiri MTsN 1 Nganjuk, ngaji posoan kitab Ta’lim Muta’alim. (2) Peran budaya religius dalam membentuk kecerdasan emosional peserta didik di MTsN 1 Nganjuk, melalui peran pembiasaan keagamaan sehari-hari, keteladanan, memberikan reward, kedisiplinan, menjadi orang tua peserta didik serta melakukan pembina, pengarahan, pendamping, pengawas dan evaluasi disetiap kegiatan. (3) kecerdasan emosional yang terbentuk dari peran budaya religius madrasah di MTsN 1 Nganjuk, melalui aspek penurutan, peniruan, penganutan, penataan dan pembentukan secara terprogram melalui kegiatan keislaman dengan cara guru menjadi orang tua, guru menasehati, mengarahkan, memberikan semangat, melakukan pendekatan, menjadi mediator serta melalui kegiatan keislaman secara terprogram.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Fajar Setiobudi
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:45
Last Modified: 11 Aug 2023 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item