Muchammad, Takwim azis (2022) Hubungan Antara Coping Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja Awal Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933411317_prabab.pdf Download (590kB) |
|
Text
933411317_bab1.pdf Download (191kB) |
|
Text
933411317_bab2.pdf Download (362kB) |
|
Text
933411317_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
933411317_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text
933411317_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
933411317_bab6.pdf Download (88kB) |
|
Text
933411317_daftarpustaka.pdf Download (165kB) |
|
Text
933411317_sp.pdf Download (356kB) |
Abstract
Masa remaja awal merupakan masa dimana sering mengalami pergolakan dalam belajar. Hal ini yang membuat siswa yang masuk masa remaja awal sering mengalami naik turun dalam motivasi belajar sehingga membuat siswa merasa tertekan dengan tuntutan belajar. Untuk dapat meningkatkan motivasi belajar yang diakibatkan oleh stres yang dialami berkaitan dengan akademik dibutuhkan strategi coping. Coping merupakan cara untuk mengatasi atau menanggulangi tingkat stres baik di bidang akademik dan kehidupan sehari-hari, sehingga dengan adanya coping stres dapat membantu dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan stres dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif coping stres dengan motivasi belajar pada remaja awal di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan korelasional untuk memperoleh informasi mengenai taraf hubungan antara coping stres dan motivasi belajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja awal di MAN 1 Kota Kediri yang berjumlah 89 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala dengan instrumen penelitian yaitu skala motivasi belajar dan skala coping stres. teknik analisis data untuk menguji hubungan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif data diperoleh bahwa tingkat motivasi belajar pada remaja awal berada dalam kategori sedang dengan presentase 67,4% atau 60 siswa, sedangkan coping stres pada remaja awal juga dalam kategori sedang dengan presentase 73,03% atau 65 siswa. Pada penelitian ini dengan df (89-1) diperoleh rtabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,207 maka rhitung (0,304)> rtabel(0,207) dengan nilai sig 0,004 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara coping stres dengan motivasi belajar pada remaja awal di MAN 1 Kota Kediri. Dalam analisis ini arah hubungan positif yang signifikan sehingga rendahnya coping stress yang dimiliki oleh remaja awal akan menimbulkan dampak pada motivasi belajar. Koefisien korelasi bernilai positif berarti hubungan antar kedua variabel saling berkaitan. Remaja awal menganggap bahwa semakin meningkatnya coping stres maka akan meningkatkan motivasi dalam belajar pada remaja awal, begitu juga sebaliknya semakin kurang dan menurun coping stres maka akan mempengaruhi menurunnya motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170203 Knowledge Representation and Machine Learning |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muchammad Takwim Azis |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 08:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9375 |
Actions (login required)
View Item |