Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Makanan Minuman Instan (Studi pada Aktivis PMII Kediri)

Rahman, Zainur (2014) Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Makanan Minuman Instan (Studi pada Aktivis PMII Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307208 pra.pdf

Download (380kB)
[img] Text
931307208 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

PMII cabang Kediri merupakan organisasi kemahasiswaan ekstra kampus yang berasaskan pancasila dan mempunyai visi-misi terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Dalam skala nasional, PMII Berdiri pada tanggal, 17 April 1960. Dalam hal lain, aktivis PMII Kediri mempunyai budaya konsumtif terhadap makanan dan minuman. Salah satunya adalah konsumsi terhadap produk makanan minuman instan. Akktivis PMII Kediri adalah sebagai representasi dari masyarakat muslim Indonesia, tentunya dalam hal konsumsi mempunyai aturan-aturan tersendiri yaitu sesuai dengan anjuran agama. Berangkat dari konteks ini, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana perilaku konsumsi aktivis PMII Kediri dalam memilih produk makanan minuman instan. peneliti juga ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi makanan minuman instan aktivis PMII Kediri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengangkat apa yang ada di lapangan. Ungkapan dan tindakan yang diperoleh dari Aktivis PMII Kediri merupakan sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Bahwa perilaku konsumsi makanan dan minuman instan aktivis PMII Kediri, menunjukkan bahwa 80% tergolong konsumsi sering dan 20% hanya konsumsi biasa. Pengeluaran rata-rata perminggu untuk mengkonsumsi makanan minuman instan, kurang lebih antara Rp 50.000,- sampai dengan Rp 100.000,-. Persepsi Aktivis PMII Kediri terhadap makanan minuman instan adalah makanan minuman yang sederhana, cepat saji, harga terjangkau, praktis, hemat waktu, dan mengandung bahan kimia (pengawet dan pewarna) yang tidak baik untuk kesehatan, serta minim gizi, dan mudah ditemukan dimana-mana. faktor-faktor yang mempengaruhi aktivis PMII Kediri dalam mengkonsumsi makanan minuman instan, yaitu: harga (28,57%), kesehatan (17,14%), rasa dan selera(14,28%), waktu/praktis (11,42%), teman (8,57%), agama/halal-haram (5,71%), kebiasaan(5,71%), pribadi (5,71%) dan iklan (2,85%). Faktor tersebut dikelompokkan pada empat faktor kajian teoritis, yaitu; faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor personal dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:33
Last Modified: 31 Jul 2023 03:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item