Lailiyah, Yuyun Masrofatul (2022) Pengembangan Media Eco Barista E-Comic Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932300918_bab1.pdf Download (639kB) |
|
Text
932300918_bab2.pdf Download (655kB) |
|
Text
932300918_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932300918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932300918_bab5.pdf Download (374kB) |
|
Text
932300918_daftarpustaka.pdf Download (483kB) |
|
Text
932300918_sp.pdf Download (375kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana penyalur pesan dari pengirim yaitu guru ke siswa sebagai penerima dengan tujuan merangsang perhatian, perasaan, pikiran, dan minat serta kemauan siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang efektif. Di era perkembangan IPTEK, dunia pendidikan perlu memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-comic matematika berbasis pendidikan matematika realistik sebagai media pembelajaran materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Langkah penelitian pengembangan e-comic matematika diadaptasi dari model ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan media, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan media dan hasil tes belajar siswa untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic matematika berbasis pendidikan matematika realistik sebagai media pembelajaran materi bangun ruang sisi datar kelas VIII telah mencapai kevalidan dengan skor 252 dari validator ahli media dan mencapai skor 129 dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-comic matematika mencapai skor 452 dari 6 siswa sebagai uji coba skala kecil dan skor 1976 dari 28 siswa sebagai ujicoba skala besar dengan kategori sangat praktis yang diperoleh dari penilaian angket respon peserta didik selaku subjek penelitian. Sedangkan keefektifan e-comic matematika sebesar 66,67% dari ujicoba skala kecil dan 89,28% dari ujicoba skala besar dengan kategori sangat efektif yang diukur berdasarkan banyaknya siswa yang mencapai KKM setelah menggunakan media. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-comic matematika berbasis pendidikan matematika realistik sebagai media pembelajaran materi bangun ruang sisi datar kelas VIII layak digunakan dalam pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi referensi pendidik untuk menarik minat serta meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi datar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Yuyun Masrofatul Lailiyah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9317 |
Actions (login required)
View Item |