Strategi Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Di PT. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto Cabang Ngoro Jombang

Tantriana, Rieke (2023) Strategi Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Di PT. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto Cabang Ngoro Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931405918_prabab.pdf

Download (519kB)
[img] Text
931405918_bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
931405918_bab2.pdf

Download (603kB)
[img] Text
931405918_bab3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
931405918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
931405918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
931405918_bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
931405918_daftarpustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
931405918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
931405918_suratpernyataan.pdf

Download (181kB)

Abstract

Suatu usaha tidak semuanya berjalan dengan yang diharapkan, seperti halnya dengan lembaga keuangan pasti ada suatu nasabah yang melakukan wanprestasi yaitu tidak melaksanakan kewajiban yang telah ditentukan. BPRS sebagai salah satu lembaga perantara keuangan yang kegiatannya adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman. PT. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto Cabang Ngoro Jombang sebagai lembaga keuangan dalam memberikan pembiayaan pada nasabah tidak bisa terlepas dari berbagai risiko salah satunya adalah pembiayaan bermasalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanganan penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah pada PT. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto Cabang Ngoro Jombang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada saat nasabah melakukan pengajuan pembiayaan pada bank, pihak bank dalam menganalisis hanya menggunakan tiga prinsip yaitu character, capacity, dan collateral. Sehingga menyebabkan beberapa faktor terjadinya pembiayaan bermasalah antara lain side streaming yang sering dilakukan oleh nasabah, adanya pandemi menyebabkan nasabah gagal bayar dan pihak bank kurang teliti dalam menganalisa nasabah yang mengajukan pembiayaan murabahah. Dalam penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah diselesaikan dengan strategi: 1) Penagihan secara intensif; 2) Memberikan teguran tertulis atau (SP1) Surat Peringatan 1 sampai dengan (SP2) Surat Peringatan 2; 3) Penjadwalan kembali (Rescheduling); 4) Persyaratan kembali (Reconditioning); 5) Eksekusi jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012703 Murabahah & Bai' Muajjal (Credit Sale)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Rieke Tantriana
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:14
Last Modified: 09 Aug 2023 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9273

Actions (login required)

View Item View Item